DPRD Kaltim Gelar Paripurna, Dengarkan Pendapat Gubernur Kaltim Terhadap Raperda Inisiatif

Samarinda, Metrokaltim.com – Rapat Paripurna ke-5 digelar DPRD Kaltim, pada Senin (8/3). Rapat yang beragendakan penyampaian pendapat Gubernur Kaltim terhadap Raperda Inisiatif tentang penyelenggaraan ketahanan keluarga, serta penyampaian pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Kaltim terhadap dua buah Raperda tentang tata cara penyusunan program pembentukan Peraturan Daerah dan pengelolaan barang milik daerah, digelar secara langsung dan virtual.

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK memimpin rapat, dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Sigit Wibowo serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Muhammad Jauhar Efendi yang mewakili Gubernur Kaltim.

Dalam rapat tersebut Makmur mengungkapkan sebagaimana yang diketahui bersama, bahwa Bapemperda DPRD Kaltim telah menyampaikan Raperda Inisiatif tentang penyelenggaraan ketahanan keluarga pada rapat paripurna ke- 4 yang digelar beberapa waktu lalu.

“Sesuai tata tertib DPRD Kaltim, rapat paripurna hari ini adalah penyampaian tanggapan Gubernur Kaltim terhadap Raperda Inisiatif tentang penyelenggaraan ketahanan keluarga kemudian pemandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap dua buah Raperda usulan Pemerintah Provinsi Kaltim,” terangnya.

Dalam penyampaian tanggapan Gubernur, Jauhar mengatakan Raperda inisiatif DPRD ini pada prinsipnya, pemerintah mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya. Diharapkan Perda ini nanti menjadi kebijakan positif untuk menguatkan visi Gubernur Kaltim. Karena kemampuan dan daya saing SDM tidak terlepas dari latar belakang SDM itu sendiri yang salah satunya adalah ketahanan keluarga.

“Karena sangat berperan (pembangunan keluarga) untuk menopang kemampuan dan daya saing SDM,” timpal Jauhar.

Usia mendengarkan tanggapan dari Gubernur Kaltim, rapat dilanjutkan dengan mendengarkan pandangan umum Fraksi-Fraksi yang dibacakan berturut-turut, diawali Fraksi PPP yang dibacakan oleh Rima Hartati, Fraksi Golkar dibacakan Nidya Listiyono, Fraksi PKS dibacakan Masykur Sarmian, M Nasiruddin membacakan pandangan umum Fraksi PAN, Fraksi Demokrat-Nasdem dibacakan Saefuddin Zuhri, Fraksi PDI Perjuangan dibacakan Romadhony Putra Pratama, Fraksi Gerindra dibacakan Mashari Rais dan terakhir pandangan umum dari Fraksi PKB yang dibacakan Sutomo Jabir.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *