DPRD PPU Ajak Petani Mengubah Pola Bertanam, dari Tabela ke Jajar Legowo

Penajam, Metrokaltim.com – Sebagian besar petani di Penajam Paser Utara (PPU) masih menerapkan pola tanam tabur benih langsung (tabela). Padahal pola tersebut kurang efektif dan hasil panennya pun tidak maksimal dibandingkan dengan pola tanam jajar legowo.

Untuk itu, DPRD PPU mengimbau kepada seluruh petani di daerah PPU untuk mengubah kebiasaan pola tanam tabela ke pola tanam jajar legowo.

Wakil Ketua Komisi II DPRD PPU Sujiati menyebutkan, sebagian besar petani di PPU masih menerapkan pola tanam tabela, karena pola tanam ini dianggap oleh petani tidak membutuhkan biaya yang besar. Sementara jajar legowo harus merogoh kantong yang lebih dalam.

“Memang yang selalu dipertimbangkan oleh petani soal biaya, makanya mereka menggunakan pola tanam tabela. Tapi, itu hasilnya tidak maksimal. Kemudian tanam tabela juga menyulitkan untuk pembersihan gulma lantaran tidak ada celah. Berbeda dengan jajar legowo, perawatannya lebih mudah,” ungkap Sujiati saat diwawancarai media ini, pada Senin ( 5/4).

Ketua Fraksi Partai Gerindra ini menambahkan, petani yang konsisten menerapkan pola tanam jajar legowo akan mendapatkan hadiah dari pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian. Reward yang dijanjikan tersebut berupa bantuan anggaran dan peralatan pertanilan (alsintan).

“Kelompok tani yang rutin melakukan pola tanam jajar legowo akan diberikan reward,” ucapnya.

Dia menekankan, pola tanam jajar legowo harus gencar dikampanyekan ke seluruh petani. Karena, pola tanam tersebut menjanjikan peningkatan hasil pertanian kahususnya tanaman padi.

“Tidak hanya pemerintah, kami dari anggota DPRD juga terus menyosialisasikan pola tanam jajar legowo kepada petani,” pungkasnya.

(adv/mk1/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *