DPRD Sulut Kunker ke DPRD Kaltim, Ini yang Dibahas

Samarinda, Metrokaltim.com – Ketua dan anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kaltim, pada Rabu (24/2). Dalam kunjungannya diterima langsung oleh Sekretaris DPRD Kaltim, Muhammad Ramadhan di ruang rapat Pimpinan Lantai 2 Gedung D, Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda.

Kunker yang dilakukan DPRD Sulut ini, dalam rangka studi komparatif, terkait proses dan teknis pelaksanaan kegiatan sosialisasi peraturan daerah (Sosper).

Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Silangen, mengatakan, kunjungan ini untuk berdiskusi mengenai persoalan yang dihadapi terkait kegiatan kedewanan.

“Harapan kami bisa mendapatkan masukan-masukan terkait sosialisasi perda. Setelah kita konsultasi dengan BPK, sepertinya tidak memungkinkan untuk sosialisasi yang mana anggarannya diambil dari anggaran kedewanan. Ini menjadi bahan konsultasi dan diskusi kami nanti,” terang politisi dari dapil Nusa Utara ini.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Ramadhan yang didampingi sejumlah pejabat struktural dari bagian Persidangan dan Humas, bagian Keuangan serta Tenaga Ahli di Sekretariat DPRD Kaltim, menyambut baik kunjungan tersebut. Ia mengatakan, terkait masalah sosialisasi perda merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di DPRD Kaltim.

“Sosper ini sebenarnya sudah pakem, sudah ada aturan dan ketentuan. Dan memang, semua anggota dewan harus melaksanakan itu, cuma pelaksanaannya tidak bisa serta merta mengambil pembiayaan yang ada, harus kita khususkan,” timpal Ramadhan.

Perlu adanya sinergitas seluruh komponen yang ada di kedewanan, baik itu unsur pimpinan, unsur alat kelengkapan dan anggota dewan, serta sekretariat dewan. Propemperda juga sudah menjalin kerja sama yang harmonis dengan Kejaksaan Tinggi dan Kemenkumham.

“Instrumen itu nanti kita manfaatkan untuk memberikan tahapan-tahapan yang logis dan prosedural,” pungkasnya.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *