Jaga Kelestarian Hutan, PT PAMA Tanam Bibit Pohon Langka di Tahura Lati Petangis

Tana Paser, Metrokaltim.com – PT Pamapersada Nusantara Distrik Kideco bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, melaksanakan penanaman bibit pohon. Hal itu dilakukan, sebagai wujud nyata mendukung pemerintah dalam menjaga dan melestarikan hutan.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (25/2) di Taman Hutan Raya (Tahura) Lati Petangis, Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau. Ratusan bibit pohon yang ditanam. Diantaranya Pohon Ulin, Pohon Matoa, Jambu Bol atau Jambu Jamaika.

Dikatakan, perwakilan Management PT Pamapersada Nusantara, Ibnu Hasan, jika PT Pamapersada Nusantara, pada dasarnya memiliki Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa). Dalam setiap melaksanakan program itu, selalu melibatkan pemerintah setempat dan komunitas pemerhati lingkungan.

“Dengan program CSR (Coorporate Social Responsibility, Red) ini, dalam melakukan Pranaraksa mengagendakan bersama pihak DLH, untuk penanaman pohon, serta melibatkan komunitas di Paser,” kata Ibnu Hasan.

Penanaman bibit pohon di Tahura Lati Petangis oleh PT Pamapersada Nusantara.

Dengan bersama-sama Pemkab Paser, khususnya Bidang Tahura Lati Petangis DLH Paser. Karena menginginkan program konservasi itu dapat terus berjalan dan terawat setelah penanaman.

“Memang kami pilih jenis pohon langka. Termasuk juga pohon buah yang kami tanam. Sangat berharap, setelah pelaksanaan penanaman ini, dapat terus dirawat. Hingga bertahan lama dan termanfaatkan oleh masyarakat,” harapnya.

Diterangkan Ibnu, jika program Pranaraksa baru pertama kali dilaksanakan 2021 ini. Besar Kemungkinan, Kegiatan positif itu akan kembali dilaksanakan tahun depan.

“Ya baru tahun ini pertama kali. Rencananya program Pranaraksa tahun depan bakal dilaksanakan kembali,” tandas dia.

Diinformasikan, sekira 170 bibit pohon langka yang ditanam. Yakni, jenis Pohon Ulin 100 buah,
bibit pohon Jambu Bol atau jambu Jamaika 20 Buah dan Pohon Matoa sebanyak 50 bibit. Adapun komunitas yang digandeng PT Pamapersada, yakni Hammocer Paser (Hampas), Komunitas Pendaki Kalimantan (KPK) Cabang Paser dan Stiper Muhammaduyah Pecinta Alam (Stimpa).

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *