DPU Berencana Mengadakan Tiga Unit Pompa Mobile

Balikpapan, Metrokaltim.com – Diawal tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus berupaya melakukan penanganan banjir. Dan untuk dapat meminimalisir banjir, beragam program dan inovasi terus dilakukan. Salah satunya pengadaan pompa mobile.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan Andi Yusri Ramli mengatakan, rencananya tahun ini pihaknya akan mengadakan tiga unit pompa mobile dan masih dalam proses pengadaan.

“Untuk harga satu unit pompa mobile belum tahu. Namun untuk total harga tiga unitnya kurang lebih Rp 10 miliar. Jadi nanti kita tinggal liat aja proses pengadaannya, paling penting pompa mobile yang akan dibeli. Pompa mobile yang speknya sesuai dengan yang diperlukan,” ucap Andi Yusri, Selasa (1/3/2022).

Yusri sapaan akrab menjelaskan, fungsi dari pompa mobile ini nantinya untuk mempercepat surutnya genangan air apabila terjadi banjir di daerah yang rawan banjir yang ada di Balikpapan.

“Jadi pompa mobile ini sifatnya hanya membantu mempercepat surutnya genangan air,” jelasnya.

Menurutnya, pompa mobile ini akan difungsikan untuk mengatasi genangan yang selama ini terjadi di Balikpapan. Ia berharap, tahun ini pompa mobile dapat terealisasi dan dapat digunakan dalam meminimalisir banjir.

“Yang pasti untuk tahun ini pompa mobile sudah ada, dan juga akan digunakan, sehingga dapat meminimalisir banjir di Balikpapan,” paparnya.

Sementara kedepannya, pompa mobile ini juga akan standby di daerah yang rawan banjir dan genangan air, sehingga Balikpapan bisa bebas dari banjir.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *