DPU Kutim Cek Embung dan Irigasi di Desa Teluk Singkama

Kutai Timur, MetroKaltim.com – Progres kerja Dinas Pekerjaan Umum (DPU) di bidang Sumber Daya Air (SDA), Kepala Seksi Perencanaan Teknis, Didiet Adhitya Melle, ST MM, terus berjalan.

Ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (18/3), Didiet Adhitya mengatakan sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Kadis dan Kabid SDA, terkait program yang selama ini berjalan di beberapa bidang SDA tahun 2020 sudah mulai berjalan sejak minggu pertama dari 15 hari bekerja.

“Alhamdulillah kunjungan ke Desa Teluk Singkama untuk meninjau hasil akhir pekerjaan rehab embung hasil progresnya sangat memuaskan, seperti keinginan warga setempat. Karena para petani dan warga sangat berharap besar bantuan dari DPU agar bisa kembali beroperasi saluran irigasi pertanian,” terangnya.

Saluran irigasi yang berada di Desa Teluk Singkama.

Ia juga menjelaskan bahwa bidang swakelola yang selama ini ditangani langsung bersentuhan dengan masyarakat. Di bidang SDA ini juga ada normalisasi irigasi dan drainase sungai, yang terakhir ini lebih fokus ke normalisasi irigasi.

“Kemari kebetulan kami juga bertemu dengan petugas PPA dari Dinas Pertanian dan mereka ada program cetak sawah di tahun 2020 ini. Kita berkoordinasi dan dalam waktu dekat bersama teman-teman dari PPA dalam waktu dekat akan berkoordinasi ulang tentang rencana cetak sawah,” ungkapnya.

Ditanya soal kendala di lapangan, menurut Didiet sejauh ini tidak ada. “Alhamdulillah kendala di lapangan tidak ada, harapan kedepannya mudah-mudahan kerjasama kami khususnya bidang SDA bersama petani bisa menghidupkan kembali kegiatan petani disana. Dan para petani menyampaikan bahwa selama kurang lebih 10 tahun irigasi tidak tersentuh dan target mereka kedepan bila panen raya mereka akan mengundang pemerintah dan menghidupkan kembali salah satu embung padi di Kutim yang ada di Teluk Singkat,” tutup Kasi SDA perencanaan teknis Didiet Adhitya.

(adv/rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *