Dua Posko Ditempatkan di Pintu Masuk Balikpapan, Rapid Antigen Jalur Darat Mulai Diberlakukan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam waktu dekat, pemerintah kota Balikpapan akan memberlakukan rapid antigen untuk pelaku perjalan yang datang ke Balikpapan melalui jalur darat. Hal ini disampaikan saat pers rilis, Jumat (22/1) sore.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, pemberlakuan pembatasan perjalanan melalui jalur darat akan dilakukan secara acak. Bahkan ia akan membuat posko dibeberapa titik pintu masuk wilayah Balikpapan.

“Pemberlakuan rapid antigen berjalan mulai (25/1) yang berlaku untuk angkutan umum dan kendaraan pribadi di pintu masuk Balikpapan, yakni di Kilometer 23 dan perbatasan Tritip,” imbuh Rizal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana menambahkan, tidak hanya itu, untuk kendaraan yang masuk pun juga akan dilakukan pengecekan rapid antigen secara gratis, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang akan dilakukan oleh tim satgas.

“Untuk jalur darat sendiri, nanti kami akan melaksanakan bersama tim Polri dan BPTD. Bahkan ia akan utamakan pemeriksaan pada kendaraan luar yang masuk ke wilayah Balikpapan,” terangnya.

Hal ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Perhubungan No 1 tahun 2001 untuk angkutan darat, di pelabuhan Ferry Kariangau dan terminal Kota Balikpapan juga dilakukan pengecekan protokol kesehatan, yang mana sudah di kordinasikan dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Jadi untuk Fery dan terminal juga akan dilakukan pemeriksaan rapid antigen, termasuk di jalur darat. Sementara untuk kendaraan angkutan umum seperti bus, itu nanti akan diperiksa mengenai penerapan protokol kesehatan 3M dan 50 persen penumpang. Jika terjadi pelanggaran, akan dilaporkan kepada BPTD agar dapat diberikan tindakan,” ungkapnya.

Sementara jumlah personil yang disiapkan kurang lebih 30 orang, terdiri dari satpol PP, Dinas perhubungan, TNI-Polri, polantas kemudian POM TNI baik angkatan darat, laut dan udara serta dinas kesehatan.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *