Enam Ton Bantuan dari Polda Kaltim Diberangkatkan ke Sulbar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bencana alam yang beberapa waktu melanda sejumlah wilayah di Indonesia diantaranya gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan membuat berbagai pihak bergerak untuk memberikan bantuan.

Salah satu pihak yang turut memberikan bantuan yakni Polda Kalimantan Timur (Kaltim). Pada Rabu (20/1) sore bantuan yang dikirim melalui pelabuhan Semayang Balikpapan ke para korban bencana alam gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto melepas langsung bantuan seberat kurang lebih enam ton tersebut.

“Dari Polda Kaltim akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada saudara kita di Mamuju, Sulbar yang saat ini mengalami bencana alam gempa bumi. Termasuk kita juga akan memberikan bantuan ke wilayah Kalimantan Selatan,” terang Brigjen Pol Hariyanto, usai melepas bantuan di pelabuhan Semayang Balikpapan.

Waka Polda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto saat melepas bantuan di pelabuhan Semayang.

Bantuan tersebut akan dibawa menggunakan Kapal milik TNI Angkatan Laut KRI Teluk Ende 517. Sesuai jadwal, Kapal akan bertolak ke Sulbar pada Jumat (22/1).

“Kami menitipkan bantuan itu ke KRI Teluk Ende. Karena kebetulan TNI Angkatan Laut yang mempunyai armada besar dan mempunyai kapasitas itu. Kebetulan sedang datang kesini untuk mengangkut bantuan kemanusian dari wilayah Kaltim. Tidak hanya dari Polda, mungkin dari Gubernur dan pemerintah yang lainnya,” sebutnya.

Hariyanto menyebut bantuan yang diberikan sesuai dengan yang diperlukan oleh para korban. Baik itu bahan pokok, obat-obatan hingga pakaian.

“Di sana memang memerlukan itu, termasuk tenda. Kurang lebih hampir enam ton kita naikkan ke Kapal,” kata jendral bintang satu ini.

Dia menambahkan, saat ini Kapolri menginstruksikan semua Polda untuk bersama-sama memberikan bantuan kepada saudara-saudara yang saat ini tertimpa bencana.

“Ini intruksi Kapolri untuk memberikan bantuan, baik untuk korban gempa bumi di Sulbar dan banjir di Kalsel,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *