Ernawaty Gafar Meriahkan Bursa Pemilihan Ketua Kadin Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Bursa pemilihan ketua Kadin Balikpapan periode 2021-2026 dipastikan meriah. Setelah calon petahana Yaser Arafat mendaftar kemarin (18/2), hari ini giliran Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kita Balikpapan, Hj Ernawaty Gafar.

Perempuan yang akrab disapa Erna tersebut mendatangi Kantor Kadin Balikpapan di kawasan Jalan APT Pranoto sekira pukul 10.00 Wita. Erna hadir bersama sejumlah pendukungnya yang mayoritas adalah ibu-ibu.

“Pada hari ini, saya beserta tim mendaftarkan diri menjadi bakal calon ketua Kadin untuk periode 2021-2026. Alhamdulillah, tim luar biasa membantu sehingga pendaftaran ini berjalan dengan baik,” kata perempuan yang aktif di berbagai organisasi ini.

Kehadiran rombongan diterima langsung oleh Ketua Pelaksana Muskota XI Kadin, Soegianto. Menurut Erna, persyaratan pendaftaran tahun ini lebih spesifik dibandingkan tahun-tahun sebelumya.

“Pendaftaran ini saya lihat agak spesifik, beda dengan pendaftaran saya lima tahun yang lalu di mana tidak ada validasi untuk legal SK kepengurusan kita di asosiasi. Tapi enggak ada masalah, setiap tahun pasti ada perubahan,” jelas dia.

Penyerahan berkas pendaftaran calon Ketua Kadin Balikpapan, Hj Ernawaty kepada Ketua Panitia Soegianto.

Persyaratan spesifik lainnya, dia melanjutkan, adalah adanya bukti bahwa bakal calon ketua tidak tersandung permasalahan hukum. Meski demikian, hal ini dinilai sebagai syarat penting demi menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Bagi saya, ini memang penting juga sebagai calon ketua Kadin. Panitia sudah bekerja luar biasa, mengolah persyaratan untuk menghasilkan calon ketua Kadin yang bermutu,” urainya.

Pengurus Kadin Provinsi Kaltim ini mengungkapkan, dirinya kembali berpartisipasi dalam pemilihan lima tahun sekali ini karena mendapat banyak dukungan dari rekannya. Selain itu, momen ini adalah saat bagi para anggota Kadin untuk memperjuangkan haknya dalam pemilihan.

“Kita juga bisa belajar mekanisme dalam berdemokrasi. Sayang juga ‘kan kalau calonnya hanya satu. Ibaratnya itu tidak ada dinamikanya. Mudah-mudahan hari terakhir ini ada calon-calon lain yang mendaftar,” imbuhnya.

Dirinya pun memperkirakan bakal mendapat suara lebih dari separuh peserta Mukota XI. Dirinya belum berani menjanjikan akan mendapat suara penuh, mengingat banyak rekannya yang belum busa mendaftar karena terkendala aturan.

“Perkiraan saya bisa 50 persen +1 dari jumlah peserta mukota 442 perusahaan,” tandas Erna.

Konfrensi pers Hj Ernawaty usai mendaftar.

Salah satu asosiasi yang mendukung, dirinya menyebutkan, Himpunan Pengusaha Rekanan Pertamina (Himperta). Bukan tanpa alasan, Ernawaty Gafar menjabat sebagai sekretariat jenderal (sekjen).

“Mereka semua juga akan ikut berpartisipasi. Anggota Kadin sebagian besar merupakan pengusaha pertamina dan PU pada khususnya. Pengusaha listrik juga kemarin sudah ada yang bergabung ke kita,” tuturnya usai mendaftar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Mukota XI Kadin, Soegianto menjelaskan bahwa semua persyaratan pencalonan ketua Kadin telah terpenuhi. Ernawatysecara resmi telah diterima sebagai bakal calon ketua Kadin yang akan bertarung pada 27 Februari nanti di Hotel Platinum.

“Hari ini adalah batas pendaftaran ketua Kadin. Pendaftaran dibuka pukul 08.00 Wita. Mengingat kami hanya dikasih waktu sehari, sehingga pukul 15.00 Wita atau 16.00 Wita sudah selesai,” bebernya.

Tahap selanjutnya adalah verifikasi pemberkasan yang akan dilakukan oleh steering committee (SC). Selain itu, berkas juga akan diserahkan kepada Kadin Provinsi Kaltim.

“Sementara baru dua yang mendaftar. Mudah-mudahan karena hari ini terakhir, kita harap ada pendaftar lagi. Pendaftaran akan ditutup hari ini pukul 16.00 Wita,” pungkasnya.

(dahp/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *