Forum PUSPA Bunga Gerecek Dikukuhkan Wali Kota Samarinda, Ini Pesannya

Samarinda, Metrokaltim.com – Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Bunga Gerecek Kota Samarinda, dikukuhkan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, pada Jumat (12/3) pagi.

Kegiatan yang digelar di rumah jabatan Wali Kota Samarinda ini dihadiri Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) Samarinda Fiterman, Ketua PKK Kota Samarinda, dan pihak terkait.

Kepada Forum PUSPA Bunga Gerecek, Wali Kota Samarinda Andi Harun meminta agar kekerasan perempuan dan anak diberantas secara maksimal, serta dapat bekerja sama dengan pemerintah kota (Pemkot) Samarinda.

“Mari kiita bersama – sama mengurusi dan memberi perhatian terhadap kegiatan pemberdayaan perempuan dan anak. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Tepian ini juga meminta agar Forum PUSPA Bunga Gerecek dapat memberikan perhatian dalam aktivitas advokasi tindak pidana kekerasan perempuan dan anak.
Apalagi menurut Andi Harun, banyak eksploitasi perempuan dan anak yang terjadi di sekitar masyarakat. Eksploitasi ini berupa pemanfaatan perempuan dan anak untuk mengemis oleh oknum tak bertanggung jawab. Seperti, ibu – ibu yang mengemis sambil menggendong anaknya dan anak – anak yang masih duduk di bangku sekolah mengemis di beberapa lampu merah di Kota Samarinda.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

“Saya melihat ini sesuatu yang terorganisir. Oknum ini memperdagangkan mereka sehingga mereka kehilangan kesempatan untuk sekolah dan meniti masa depan,” terangnya.
Untuk itu, dalam memerangi eksploitasi dan kekerasan perempuan dan anak, pemkot sangat membutuhkan partisipasi publik.

Di tempat terpisah, Ketua Forum PUSPA Bunga Gerecek, Akhmad Syahrir mengatakan pihaknya akan mengusungkan beberapa program, diantaranya pendampingan korban kekerasan, seperti pengembangan SDM.

“Pengembangan SDM ini bagi korban kekerasan fisik, kekerasan seksual dan, eksploitasi perempuan. Forum PUSPA akan membekali pelatihan keterampilan mandiri dan program pelatihan kewirausahaan,” timpal pria yang akrab disapa Chai.

Sejumlah rencana kerja telah dipersiapkan oleh Forum PUSPA Bunga Gerecek, diantaranya pada bulan April 2021 akan menggelar seminar dan workshop untuk pencapaian Sekolah Ramah Anak (SRA).

Berikut struktur kepengurusan Forum PUSPA Bunga Gerecek masa periode tahun 2021 – 2023;

  1. Ketua Forum PUSPA Bunga Gerecek Akhmas Syahrir;
    2.Wakil ketua Rahmalinda Barack;
  2. Sekretaris I Endang Paramita;
  3. Sekretaris II Hendra Daryanto;
  4. Bendahara I annisa medina;
  5. Bendahara ii Siti Hawa;
    Bidang Kualitas Bidang Perempuan
  6. Koordinator Noor Azidah Azis;
    Bidang Perlindungan Perempuan
    1.Koordinator Bawon Islamiyah;
    Bidang Pemenuhan Hak Anak
    1.Koordinator Windie Karina Fatmawati;
    Bidang Perlindungan Anak
    1.Koordinator Rita Magdalena.
    Hubungan Masyarakat
  7. Awaluddin Jalil.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *