Gara-Gara Gangguan Internet Tes CASN Kaltim Batal Digelar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Akibat jaringan internet milik Telkom yang lumpuh turut berdampak pada pelaksanaan tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur (Kaltim), yang digelar di Balai Sudirman, Balikpapan, pada Senin (20/9).
 
Sejak dari pagi sebanyak 400 peserta tes CASN dari berbagai daerah berkumpul, dan harus menelan kepahitan lantaran terpaksa tertunda mengikuti tahapan CAT (computer assisted test), dikarenakan server BKN tidak dapat diakses. Lantas kejadian ini membuat peserta kecewa.
 
Salah satu peserta bernama Reinaldi yang di temui di Balai Sudirman, mengaku kecewa kepada pihak BKN, lantaran tak segera memberikan informasi kepada peserta. “Akibatnya kami hanya menunggu tanpa kejelasan dan kepastian. Baru di sore hari ada panitia BKN yang memberikan penjelasan,” ujar peserta asal Kota Samarinda ini.

Dia sangat menyayangkan, seharusnya pihak BKN bisa menyiapkan langkah antisipasi. “Sangat disayangkan, BKN tidak punya opsi lain. Padahal harusnya bisa diantisipasi,” kesalnya.
 
Meski tak bisa ikut tes, peserta cukup bisa bernafas lega. Sebab, panitia memastikan akan menjadwalkan ulang pelaksanan tes. “Kalau tidak salah tadi 1 atau 2 Oktober. Nanti kepastiannya akan diumumkan lewat akun resmi BKN,” ucap pemuda yang melamar untuk formasi jaksa muda ini.
 
Sementara itu, Koordinator Pelaksana CASN BKN Kantor Regional 8 Banjarmasin, Nur Muhammad Ilyas menerangkan, jaringan Telkom yang bermasalah memang jadi sebab utama server BKN tak dapat diakses oleh peserta.
 
“Tidak bisa masuk dari Telkom ke server BKN. Provider lain bisa, tapi tendernya memang menggunakan Telkom,” terangnya.
 
Ke depan sambungnya, panitia bakal menyiapkan langkah antisipasi supaya kejadian serupa tak terulang lagi.

“Kami memastikan bakal menjadwalkan ulang pelaksanaan tes CAT yang batal terlaksana hari ini,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *