Alhamdulillah Balikpapan Turun ke PPKM Level 3, Rahmad: Jangan Kendor

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di kota Balikpapan yang berakhir hari ini (20/9), akhirnya turun ke PPKM level 3. Penurunan ini sangat dinantikan setelah sekian lama berada di level 4 sejak bulan Juli lalu.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, turunnya PPKM ke level 3 ini tidak terlepas dari peran penting masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Saya berterima kasih kepada seluruh warga Balikpapan yang ikut bekerja sama, sehingga PPKM turun jadi level 3,” ucap Rahmad Mas’ud saat ditemui di Aula Pemerintah kota, Senin (20/9).

Dirinya sangat mengapresiasi atas turunnya status yang diberikan kepada kota Balikpapan, itu semua tak terlepas dari semua pihak yang ikut mensosialisasikan protokol kesehatan (Prokes). Meski begitu, ia minta kepada semua pihak dan masyarakat untuk tidak kendor dalam mensosialisasikan Prokes.

“Paling tidak untuk menjaga kesehatan kita dengan prokes yang diinformasikan dan diberitahukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Sementara untuk kelonggaran terhadap kebijakan PPKM level 3, tidak semuanya langsung dilonggarkan, karena dikhawatirkan masyarakat rentan melanggar prokes. Ia berharap agar tingkat penyebaran covid-19 tidak bertambah tinggi dan juga masih ada varian baru yang belum terdeteksi.

Adapun salah satu kelonggaran yang diberikan, ia menyebutkan diantaranya jam malam yang awalnya jam 20.00 Wita kini menjadi 21.00 Wita, seperti mall dan cafe yang buka sampai dengan jam tersebut.

“Sesuai dengan intruksi dari Presiden, kita tidak boleh juga langsung melonggarkan, makanya kita bertahap, supaya kita jangan jumawa lah,” paparnya.

Dilanjutkannya, dengan munculnya informasi varian jenis baru ini, mudah-mudahan tidak terjadi dan tidak masuk di Indonesia khususnya di Balikpapan.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *