Gelar Aksi Balap Liar di Bontang Utara, 10 Pemuda Diamankan Satlantas Polres Bontang

Bontang, Metrokaltim.com – Aksi balapan liar (bali) selalu mewarnai saat bulan Ramadan. Kegiatan yang membahayakan pengguna jalan ini menjado perhatian khusus bagi aparat kepolisian. Untuk itu pengawasan dan penertiban pun dilakukan ketika pihaknya mendapat laporan tersebut.

Seperti yang dilakukan Polres Bontang di hari kedua Ramadan. Di mana pihaknya berhasil mengamankan 10 unit sepeda motor yang tengah melakukan aksi balapan liar di Kalan A. Yani Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang, pada Sabtu (25/4) pagi.

Hal yang sama, dilakukan pada hari pertama Ramadan, Polres Bontang melalui Tim Khususnya juga mengamankan 10 orang pelaku balapan liar dan mengamanakan 10 unit sepeda motor.

Aksi balapan liar ini berhasil dibubarkan oleh Tim Khusus Penecagahan Balapan Liar Polres Bontang yang dipimpin Kasat Lantas AKP Imam Safi’i, bersama gabungan piket fungsi atas laporan warga sekitar yang resah dengan aksi balapan liar yang kerap mengganggu pengguna jalan yang melintas.

Sementara itu, Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena melalui Kasat Lantas AKP Imam Safi’i mengungkapkan bahwa pembubaran aksi balapan liar tersebut dilaksanakan bertujuan menciptakan situasi yang aman, kondusif di wilayah hukum Polres Bontang saat bulan Ramadan.

“Kami setiap hari menjelang buka puasa, usai makan sahur dan usai salat subuh menurunkan personil di beberapa titik yang biasa digunakan balapan liar, ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat karena balapan liar sangat mengganggu pengguna jalan yang lain, dan dapat mengancam keselamatan diri dan orang lain,” kata Kasat Lantas.

Selain itu penertiban ini juga untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. “Karena adanya balapan liar  jelas terjadi kumpulan anak-anak yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi penularan Covid-19,” jelas AKP Imam Safi’i.

Sementara itu ditempat terpisah Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., juga mengimbau kepada warga masyarakat bahwa situasi Pandemi Covid -19 sekarang ini, agar selalu mematuhi kebijakan pemerintah dan maklumat Kapolri. “Seperti selalu tinggal dirumah, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu pakai masker dari resiko tertular atau menularkan Virus Corona (Covid-19),” imbuh Kabid Humas Polda Kaltim.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *