Gelar Sunat Massal, Peringati Hari Bhakti TNI AU ke 74 Lanud Dhomber

Balikpapan, Metrokaltim.com- Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke 74Lanud Dhomber menggelar sunatan massal di Guest House Lanud Dhomber, Sabtu (24/7/).

“Hari ini kami melaksanakan sunatan massal untuk anak warga sekitar Lanud Dhomber,” jelas Komandan Lanud Dhomber Kolonel Pnb Dedy Susanto S.E. saat ditemui disela-sela kegiatan sunat massal.

Lanjut Komandan Lanud Dhomber mengatakan sasaran peserta khitan sebanyak-banyaknya, akan tetapi yang mendaftarkan hanya 50 peserta. Adapun peserta yang mengikuti dibagi dalam lima kelompok yakni masing-masing 10 orang, sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes).

“Walaupun dimasa pandemi ini, kami bisa melaksanakan Bhakti sosial, dengan harapan bisa membantu atau meringankan beban masyarakat yang anaknya ingin disunatkan,” ujarnya.

Komandan Lanud Dhomber menyampaikan pelaksanaan dilakukan dengan prokes ketat. Seperti halnya, peserta sunat massal dan orangtua yang mengantarkan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan rapid test antigen saat tiba di guest house Lanud Dhomber. “Alhamdulillah hari ini negatif, baik anak-anak maupun orang tua yang mengantar,” imbuhnya.

Tak hanya ini, Kolonel Pnb Dedy Susanto menuturkan kedepan sunat massal akan digelar kembali, disetiap kegiatan semisal saat Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 dan Hari TNI pada 05 Oktober. Apalagi, kalau peminat yang menginginkan banyak.

Selain itu juga, TNI AU Lanud Dhomber akan menyasar ke daerah terpencil yang tidak terjangkau, untuk bisa membantu anak-anak yang ingin dikhitan.

Terkait tenaga medis dalam kegiatan sunat massal ini, berasal dari tenaga medis rumah sakit Lanud Dhomber Balikpapan dan dibantu juga relawan dari Sidoarjo yang memang berkecimpung di bidang sosial, khusus melakukan khitanan massal untuk anak-anak.

Ditambahkan Komandan Lanud Dhomber, sebenarnya banyak anak-anak yang ingin berkhitan. Akan tetapi keterbatasan ekonomi, biaya dan sebagainya yang mengurungkan niat tersebut.

“Kami gunakan event ini untuk menjaring mereka (anak-anak yang ingin khitan),” imbuhnya.

Kegiatan sunat masal ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Bhakti TNI Angkatan Udara ke 74 Lanud Dhomber. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan Bhakti sosial, penghijauan, donor darah plasma dan terakhir pelaksanaan upacara pada tanggal 29 Juli 2021 yang akan digelar dengan sederhana oleh anggota Lanud Dhomber.

pelaksanaan sunatan massal berjalan dengan lancar dan sesuai prokes mulai peserta khitan dan orang tiba dilakukan rapid test antigen. Sambil menunggu hasil pemeriksaan keluar, peserta dan orangtua menunggu di luar dengan duduk berjarak.

Setelah hasil keluar, peserta dan orangtua masuk ruang tunggu yang dibatasi hanya lima orang. Kemudian, satu persatu masuk ke ruang anastesi (penyuntikan) dan terakhir ruang tindakan. Diruang anastesi dan tindakan, ada peserta yang menangis, takut dan begitu juga sebaliknya. Usai khitan, peserta diberikan buah tangan berupa bingkisan dari Lanud Dhomber.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *