Gelorakan Semangat Kebangsaan, PJB Berbagi Kepada Masyarakat Terdampak Pandemi

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat banyak masyarakat terdampak secara sosial, kesehatan maupun ekonomi. Berangkat dari hal itu, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) bersama Serikat Pekerja dan Laziz PJB bersinergi mengadakan kegiatan sosial yang bertajuk PJB Empati, Berbagi dikala Pandemi. PJB Empati yang dilaksanakan bertepatan dengan menyambut hari kemerdekaan RI ke-76 yang bertemakan ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’, tidak hanya menggambarkan kepedulian sosial PJB namun juga wujud semangat kebangsaan PJB dan seluruh karyawannya untuk saling mendukung antar elemen bangsa di tengah-tengah pandemi.

Seremoni pemberian donasi dipusatkan pada Kamis (5/8) di Unit Pembangkit Cirata, Purwakarta, yang diikuti oleh Direksi PLN, Komisaris PJB dan Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan. Selain itu jajaran Direksi PJB lainnya juga menghadiri pemberian donasi secara terpisah di Kantor Pusat serta diikuti oleh Anak Perusahaan dan 31 unit PJB lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia secara daring. Pada prosesi penyerahan, Komisaris dan Direktur Utama PJB memberikan donasi secara langsung kepada perwakilan masyarakat yang terdampak pandemi. Donasi yang diserahkan merupakan paket sembako dengan total nominal lebih dari Rp. 2 miliar. Pemberian donasi juga dilaksanakan secara serempak di seluruh unit PJB di seluruh Indonesia dan direncanakan diberikan kepada lebih dari 10.000 warga.

Sementara itu, PJB UBJOM Kaltim Teluk di Balikpapan juga melakukan hal yang sama, khususnya terhadap masyarakat di wilayah ring-1 yang terdampak oleh Pandemi Covid-19 ini.

Sasaran penerima bantuan sembako program PJB Enpati ini adalah warga di sekitar area bisnis perusahaan yang tidak mampu dan perekonomiannya terdampak pandemi covid-19.

Selain sembako warga penerima bantuan program PJB Empati di Balikpapan juga menerima uang tunai.

Di wilayah Balikpapan sendiri, PT PJB UBJOM Kaltim Teluk bekerja sama dengan Kelurahan Kariangau dan aparat setempat untuk membantu dalam proses pendistribusian paket sembako, mengingat adanya larangan dari pemerintah yang menimbulkan kerumunan massa.

Manajer Administrasi PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Nur Agung Sugiarto yang melakukan penyerahan secara simbolis di Kantor Kelurahan Kariangau, pada Selasa (3/8) mengungkapkan, pemberian bantuan sembako ini merupakan bentuk partisipasi perusahaan dalam mendukung Pemerintah mengenai pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021.

“Kami dari PJB grup (PT PJB, PT PJBS, PT MKP), melaksanakan program PJB berbagi di kala pandemi ini untuk meringankan beban warga di ring 1 di tengah pandemi, di masa PPKM ini apalagi diperpanjang sangat memberat bagi warga, makanya kami hadir meringankan beban warga. Memang tidak banyak yang kami berikan, tapi semoga bermanfaat bagi semua, agar dapat terus berlangsung kehidupan semakin panjang,” ungkap Nur Agung Sugiarto.

Sementara itu Lurah Kariangau, M Iskandar mengatakan bantuan dari PT PJB ini sangat bermanfaat bagi warga Kariangau yang betul-betul membutuhkan bantuan di tengah pandemi. Apalagi, semenjak pandemi banyak warga yang harus kehilangan pekerjaan maupun di rumahkan oleh pihak perusahaan karena mengalami kerugian.

Lurah Kariangau M Iskandar saat memberikan sambutan dalam penerimaan bantuan paket sembako.

“Sungguh sangat bermanfaat sekali dengan kehadiran PT PJB untuk warga saya, kita berharap kedepan barang kali PT PJB bisa terus eksis dan bisa melaksanakan kegiatan ini rutin dalam kesempatan berikutnya,” timpal Iskandar.

Untuk warga yang menerima bantuan dari PJB Empati sendiri di wilayah Kariangau ada 103 warga. Mereka ini yang tidak menerima bantuan berupa BST Kota dan BST Pusat.

“Jadi warga yang memang terdampak dan warga yang melaksanakan isoman (isolasi mandiri),” katanya.

Di tempat yang sama salah satu penerima warga RT 04 Kariangau bernama Muhammad Din mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak PT PJB atas bantuan yang diberikan. Apalagi saat ini dia tidak bekerja akibat pandemi dan sangat membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Alhamdulillah saya sudah diberikan bantuan, banyak-banyak terima kasih kepada PT PJB semua, semoga selalu sukses dan bisa bantu kita lagi,” harapnya.

Untuk diketahui sembako yang diberikan di wilayah Ring I sebanyak 103 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula pasir, mie instan dan uang tunai.

PT PJB UBJOM Kaltim Teluk sendiri tidak hanya memberikan sembako kepada Ring I saja. Nantinya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk menyalurkan sembako kepada warga kota Balikpapan yang terdampak pandemi.

Dengan segala kondisi yang kurang stabil ini, diharapkan program PJB Empati dapat bermanfaat bagi warga.

“Kita harus saling berbagi dan berpegangan tangan agar bisa melewati kondisi pandemi ini bersama–sama,” tutup Manajer Administrasi PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Nur Agung Sugiarto.

PJB Memutar Roda Perekonomian Indonesia

Keberadaan PJB di industri ketenagalistrikan memegang peranan penting khususnya dalam memastikan penyediaan tenaga listrik bagi kebutuhan masyarakat, dan roda pereknomian. Namun, pada kegiatan ini, peran PJB untuk ikut memutar roda perekenomian semakin nyata terlihat dengan melibatkan UMKM serta pelaku bisnis pasokan pangan lokal dalam menyediakan kebutuhan sembako untuk donasi.

Sejalan dengan hal ini, Komisaris PJB, Defy Indiyanto Budiarto berharap upaya ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, tidak hanya untuk berbagi kepada sesama tetapi juga membantu perekonomian setempat. Layaknya sebagai perusahaan yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, PJB secara berkala akan melakukan beragam kegiatan sosial untuk terus memulihkan roda perekonomian masyarakat yang terdampak dari pandemi covid-19.

(*/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *