Hari Ini Debat Paslon Tunggal, Hadirin Dibatasi 5 Orang

Balikpapan, Metrokaltim.com – Rencana debat pasangan calon akhirnya akan dilaksanakan juga akan dilaksanakan pada Rabu (11/11) malam ini. Sebelumnya debat yang sempat diagendakan akan berlangsung dua kali ini tertunda pasca ketua KPU Kota Balikpapan dinyatakan positif Covid-19.

Menurut Komisioner KPU Balikpapan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan SDM, Syahrul Karim, pelaksanaan debat sejauh ini tak mengalami kendala. Pihaknya juga telah melakukan setting lokasi sejak Selasa (10/11) sore.

“Apalagi sebelum ini memang persiapan debat sudah clear. Jadi ini pun tak ada masalah,” katanya. Menurut dia, yang terpenting adalah penerapan protokol kesehatan.

Pihaknya akan memperketat protokol kesehatan, mulai dari pengukuran suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer maupun cuci tangan, dan pastinya pembatasan maksimal jumlah hadirin di dalam ruangan.

“Sesuai ketentuannya, batasan maksimal 50 orang. Nanti selain kru dan dari pelaksana, juga ada dari Bawaslu dua orang, Pasangan calon bersama tim kampanye yang dibatasi empat orang,” sebut Syahrul.

Sementara untuk awak media tidak diperkenankan masuk ke ruangan. Namun akan disiapkan layar untuk mengikuti jalannya debat. Nantinya akan disiapkan kursi untuk awak media mengikuti debat di luar ruangan.

Seperti diketahui pelaksanaan debat pasangan calon dengan calon ini akan dilangsungkan di Hotel Novotel, Balikpapan Kota. “Untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan, nanti akan Ada petugas yang menjaga pintu masuk,” imbuhnya.

Ia menambahkan, debat ini yang nanti akan menjadi referensi pemilih mengenai visi dan misi Pasangan Calon. “Ini yang kemudian menjadi referensi mereka untuk menentukan pilihan. Setelah mendengar debat tersebut dan program yang ditawarkan, setelah itu kembali pada masyarakat. Ini juga akan menjadi bagian dari partisipasi masyarakat 9 Desember mendatang,” katanya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *