Hari Pertama Pasangan RM dan TA Langsung Mendaftar, Masa Pendaftaran Bisa Diperpanjang 3 Hari

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud dan Tohari Aziz mendaftar di hari pertama pembukaan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota di KPU Balikpapan, pada Jumat (4/9). Kedatangan paslon ini diantar oleh ratusan simpatisan yang memenuhi jalan Jendral Sudirman mulai Lapangan Merdeka hingga Kantor KPU Kota Balikpapan.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, mengatakan biasanya pendaftaran dilakukan paslon di waktu akhir-akhir waktu pendaftaran. Namun kali ini pasangan Rahmad Masud dan Tohari Aziz (RM dan TA) rupanya lebih memilih mendaftar di hari pertama.

“Jadi kalau misalnya nanti terjadi ada dokumen yang kurang lengkap jadi masih punya ruang. KPU memang mengimbau agar paslon mendaftar di awal,” terang Ketua KPU Thoha.

Pasangan RM dan TA saat mendatangi KPU Balikpapan untuk melakukan pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan.

Dengan begitu maka berkas yang kurang bisa dilengkapi karena waktunya masih mencukupi. Dalam hal dokumen Thoha menambahkan ada namun tidak sempurna, misalnya izin sah dengan legalisir yang buram. Atau juga tim kampanye harus masuk semua di formulir.

“Visi dan misi juga harus ada. Selama ini tidak ada kekurangan syarat,” ucapnya.

Apabila pasangan calon datang di hari awal, maka mereka masih memiliki ruang waktu untuk perbaikan. “Nanti akan ada masa perbaikan tersendiri setelah pendaftaran,” ujar Thoha.

Perkiraan waktu perbaikan akan dibuka selama sepekan. Setelah pendaftaran, apabila kelengkapannya sudah lengkap dan sah, maka pihak KPU akan melanjutkan dengan surat pemeriksaan kesehatan.

“Jika lengkap akan kami berikan surat pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo,” ujarnya.

Sesuai PKPU, hingga sampai akhir pendaftaran yang mendaftar hanya satu orang maka KPU akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu dan memperpanjang masa pendaftaran.

“Kemudian akan dilakukan perpanjangan pendaftaran 3 hari. Kalau sampai berakhirnya perpanjangan masih satu paslon, maka dinyatakan hanya satu yang mendaftar dan itu calon tunggal,” pungkasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *