HUT Armada Tahun 2021, TNI AL Tanam Mangrove dan Bakti Sosial

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka menyambut HUT Armada Republik Indonesia tahun 2021, Pangkalan TNI AL Balikpapan beserta instansi maritim, TNI POLRI dan seluruh warga desa pesisir yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara bersama sama semarakkan menyambut HUT Armada RI dengan penanaman 500 pohon mangrove. Sabtu, (4/12/2021)

Pgs. Palaksa Mayor Laut (PM) Untung Sutrisno mewakili Danlanal Balikpapan didampingi para Perwira Staf Lanal Balikpapan hadir dalam kegiatan ini sekaligus ikut serta dalam penanaman bibit pohon mangrove. Kegiatan penanaman mangrove ini juga bertujuan untuk mengurangi potensi abrasi pada daerah pesisir pantai selain itu juga dapat melestarikan lingkungan disekitaran pesisir serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Pada kesempatan di tempat yang berbeda Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T. menyampaikan bahwa “Dalam memeriahkan hari ulang tahun Armada Republik Indonesia tahun 2021, Lanal Balikpapan berkolaborasi dengan dinas lingkungan hidup Kab. PPU serta instansi maritim, TNI POLRI dan antusias warga Kabupaten Penajam Paser Utara yg mana bersama sama datang pada acara hari ini yaitu penanaman 500 pohon mangrove dengan tujuan untuk mewujudkan lingkungan yang hijau sehingga dapat terbebas dari abrasi. dan ditempat lainya Lanal Balikpapan secara serantak juga menggelar penanaman mangrove di daerah Muara Badak dan Kabupaten Paser serta bakti sosial di Muara pegah, dan Kelurahan Sungai Meriam ,dari kegiatan ini pula kita dapat menambah sinergitas antara intansi maritim dan TNI POLRI, serta melalui kegiatan ini pula kita juga dapat menambah kedekatan antara TNI AL dengan masyarakat” Ujar Danlanal.

“Selain bertujuan untuk memeriahkan HUT Armada RI, dengan adanya kegiatan penanaman 500 pohon mangrove ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan yang mana penanaman pohon secara langsung dilokasi abrasi dapat memupuk percaya diri, kepedulian dan kemampuan bekerjasama yang baik dalam mendukung peduli lingkungan di wilayah pesisir” Tutur Pgs. Palaksa.

Sebelumnya Lanal Balikpapan juga telah menggelar khitanan massal sebanyak 150 peserta dan rencana besok Lanal Balikpapan akan menggelar trabas bersama dan dilanjutkan pembagian bhaksos serta serbuan vaksinasi di Balai Kesehatan Mako Lanal Balikpapan dalam rangka memeriahkan HUT Armada RI tahun 2021.

Turut hadir dalam kegiatan diatas ialah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Penajam, Kapolsek Penajam Paser Utara, Kasatpolairud Penajam Paser Utara, Lurah Penajam Paser Utara, Ketua Pokmaswas PPU, Seluruh Perwira Staf Lanal Balikpapan, Kwarran Pramuka Penajam, Saka Bahari Lanal Balikpapan dan Antusias Warga Kab. PPU.

(*/ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *