Iman Minta DP3 Lebih Perketat Pengawasan Bahaya PMK Pada Hewan Kurban

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2023, pengawasan terhadap penjualan hewan kurban memang perlu dilakukan. Untuk itu peran serta Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Balikpapan sangat diperlukan.

Hal itu mendapat tanggapan dari Anggota DPRD Balikpapan Slamet Iman Santoso, yang meminta agar pihak DP3 lebih memperketat pengawasan perihal bahaya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan kurban.

Iman mengimbau setiap pedagang agar lebih memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan dijual, agar sapi tidak tertular wabah ini.

“Kami berharap DP3 selalu mengawasi bahaya PMK, karena berimbas safety ke masyarakat,” ucapnya saat ditemui awak media, Senin (5/6/2023).

Lanjutnya, untuk itu koordinasi antara dinas terkait dengan penyedia hewan kurban sangat penting. Karena itu sebagai langkah dalam mengantisipasi penyebaran PMK, meskipun belum ditemui di Balikpapan.

“Namun kami menyarankan agar hewan-hewan yang masuk di Balikpapan bisa dilakukan vaksinasi, atau lebih memastikan dulu kesehatannya,” ujarnya.

Untuk kebutuhan pasokan hewan kurban dari berbagai daerah, dikatakan bahwa komisi II sudah melakukan rapat dengar pendapat dengan DP3 yang membahas kuota kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha.

“RDP terakhir perihal vaksinasi belum dilakukan pembahasan, tentu pihaknya akan koordinas dengan ketua komisi II agar mensafety dampak yang terjadi,” imbuhnya. (mys/ries)

186

Leave a Reply

Your email address will not be published.