Metro Kaltim

Ini Hasil Buah Tangan PT KPC BCRD, Pembangunan Infrastruktur Bengalon Kian Maju

Bengalon, Metrokaltim.com – Kontribusi PT Kaltim Prima Coal (KPC) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang turut difasilitasi melalui Bengalon Commenity Relation and Development (BCRD) memiliki peran besar dalam kemajuan beragam infrastruktur di Kecamatan Bengalon. Ini terbukti dengan adanya prasasti dan plang yang terpampang di setiap penyerahan sekaligus peresmian bantuan.

Untuk itu, pada Jumat (8/11) redaksi MetroKaltim.com berkesempatan mengunjungi Kantor BCRD KPC di kawasan Jalan Mulawarman Gang Kesong, Desa Sepaso Timur Kecamatan Bengalon, Kutai Timur.

Hadirnya tim peliputan Media Metrokaltim.com disambut antusias jajaran unsur pimpinan (HRD) BCRD KPC yaitu Manager BCRD Syahruldin, Superintendent Community Relation and Support, Agus Jainal dan jajaran lainnya.

Pada kesempatan itu wartawan Metro Kaltim berkesempatan melakukan perjalanan peliputan dibeberapa titik spot pembangunan, yang telah sukses direalisasikan oleh perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Kaltim PT KPC, melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR).

Selama dilapangan media Metro Kaltim dipandu oleh Superintendent Community Relation and Support Agus Jainal menuju sarana bangunan Kantor Desa Sepaso Timur. Dari penjelasan Superintendent Community Relation and Support, Agus Jainal akses jalan menuju kantor Desa Sepaso Timur turut dibangunkan oleh PT KPC.

Setibanya di kantor Desa Sepaso Timur di areal kantor tersebut terdiri dari tiga bangunan yang meliputi kantor desa, gedung serba guna, bangunan Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (Sintap), ke semua bangunan tersebut bersumber dari realisasi CSR PT KPC.

Kujungan ke kantor Desa Sepaso Timur, Bengalon.

Berdirinya kantor Desa Sepaso Timur, Gedung Serba Guna milik kantor desa, dan bangunan Sintap dari CSR KPC turut dipertegas dan dibenarkan Kepala Desa Sepaso Timur Agus Susanto.

“Sebelum saya jadi kades sekalipun, CSR KPC di Desa Sepaso Timur ini progressnya terus berjalan secara berkelanjutan melalui berbagai tahapannya step by step. Saya ini menjadi kades sejak 2017 diawal duduk sebagai kades saya turut melanjutkan pembangunan melalui CSR KPC baik dalam mengawal progress-nya 2016 ke 2017 kemudian berlanjut 2018 hingga saat sekarang 2019. Kami sangat bersyukur sekali dan terbantu dengan adanya CSR selaku stakeholder PT KPC yang sudah memiliki andil cukup besar,” jelas Kades Agus, saat diwawancarai.

Agus mengungkapkan komitmen PT KPC dalam penyaluran CSR di sisi infrastruktur dapat terus terbukti. “Begitu juga halnya dengan GSG (Gedung Serba Guna, Red) di kantor desa kami manfaatnya sangat dirasakan sekali baik dalam mendukung berbagai kegiatan pemerintahan, resepsi pernikahan, kampanye baik pada masa pilkada juga sarana olah raga bulu tangkis,” ungkap Kades Sepaso Timur.

Selain CSR progress pembangunan diperkuat juga dengan APBN dan ADD, Kades menambahkam diluar sarana kantor desa, GSG, bangunan Sintap dalam hal ini juga KPC membantu pembangunan akses jalan untuk tahap triwulan pertama Jalan Kesong, triwulan ke II semenisasi akses jalan di Gang Kapur, triwulan ke III Jalan Ken Arok dan penimbunan spot-spot.

Terkait pengelolaan GSG Kantor Desa Sepaso Timur berdasarkan keterangan Superintendent Community Relation and Support Agus Jainal, dalam pengelolaannya ditangani seepenuhnya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari pengelolaan berbagai sarana yang ada seperti lapangan olah raga bulu tangkis misalnya mampu mendongkrak Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Dari kunjungan kantor Desa Sepaso Timur, GSG, Bangunan Sintap, memonitor hasil karya nyata CSR melalui pembangunan akses jalan sebesar 90 persen pada kesempatan itu Manager BCRD PT KPC Bengalon, Syahruldin menuturkan selaku eksekutor pelaksana CSR menuturkan pihaknya sangat terbuka dan transparan kepada media.

Kepala Desa Sepaso Timur, Agus Susanto bersama jajarannya.

Terlebih kepasa Metro Kaltim untuk melihat langsung kepedulian KPC mendorong percepatan, peningkatan pembangunan infrastruktur tersebut.

“Bagaimana mas wartawan tadi sudah melihat langsungkan sarana infrastruktur yang sudah KPC realisasikan progress pembangunannya artinya, kami tidak hanya menginformasikan melalui ucapan saja, akan tetapi media sudah melihat langsung fisiknya kan,” ucap manager BCRD KPC Syahruldin.

Syahruldin mengatakan, bahwasannya kantor desa, GSG, Sintap yang dikunjungi merupakan progress multiyears sedangkan selain itu juga pembangunan jalan secara bertahap.

“CSR Bengalon tidak dapat dikatakan tuntas karena kami terus berkomitmen dalam kelanjutannya untuk tahapan selanjutnya masih menunggu SPK di 11 desa, belum termasuk nantinya tambahan empat desa yang akan di mekarkan. Bisa dibayangkan sebanyak 15 desa termasuk wilayah desa yang akan dimekarkan terus kami serap aspirasi usulannya, walau demikian kami tetap akan melanjutkan program melalui CSR,” ujarnya.

Inilah gambaran nyata tolok ukur keberhasilan dan kemajuan pembangunan di segenap Desa Bengalon merupakan peran besar PT KPC selaku mitra pemerintah daerah (stake holder) didukung penuh oleh segenap masyarakatnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *