Metro Kaltim

Ini Upaya yang Dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutim, Tingkatkan Minat Pembaca

Sangatta, Metrokaltim.com – Masih rendahnya minat pembaca di Indonesia khususnya Kutai Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) H. Suriansyah, SH berencana akan menaruh pojok bacaan di tempat ramai, dan meningkatkan perpustakaan keliling dengan mobilisasi yang lengkap. Juga internet gratis serta pembuatan kartu anggota perpustakaan pada 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Suriansyah mengatakan, dirinya akan kembali membina perpustakaan yang berada di desa-desa. Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara di dunia, hal ini juga membuktikan peminat baca di indonesia sangatlah rendah.

“Saya mengamati Saat ini hampir rata-rata perpustakaan yang ada di desa mati suri, tidak ada peminat bacanya, faktornya bisa jadi karena buku bacaan yang sudah lama, dan pengaruh besarnya karena gadget, orang banyak memilih dan lebih suka membaca online,” ungkap Suriansyah.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi saat membuat kartu perpustakaan. Yang diserahkan langsung oleh Suriansyah.

Suriansyah menambahkan Sebagaimana diketahui, buku jauh lebih lengkap dibandingkan dengan bacaan yang tersaji secara online, namun tak bisa dipungkiri masyarakat modern beralih dari buku ke gadget.

“Buku adalah jendela dunia, buku lebih lengkap, memang buku tidak sesimple gadget tapi ketahuilah bahwa buku lebih bermanfaat apalagi bagi anak-anak kecil dan generasi muda,” jelasnya.

Suriansyah Mengungkapkan kami akan bekerjasama dengan kampung dongeng, yang nantinya akan membuka lapak bacaan dan menceritakan tentang dongeng kepada anak-anak di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

“Agar tidak membosankan lapak bacaan akan kita selingi dengan cerita dongeng bagi anak-anak, intinya sebagai daya tarik agar anak-anak gemar membaca,” ucap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kutim Suriansyah.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *