Isu Perpindahan IKN Menjadi Topik yang Dibahas, saat Kunker DPD RI ke DPRD Kaltim

Samarinda, Metrokaltim.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor DPRD Kaltim, di Jalan Teuku Umar, Kota Samarinda, Kamis (4/2).

Dalam kunker tersebut terlihat anggota DPD RI dari Dapil Kaltim, Muhammad Idris datang bersama rombongan anggota DPD RI asal Kalimantan Timur. Kedatangan mereka diterima Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK di ruang rapat pimpinan DPRD.

Usai menggelar kunker, Muhammad Idris mengatakan, kunjungan ke Kaltim untuk membahas beberapa isu yang mencuat belakangan ini. Salah satunya adalah soal perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kaltim.

Dari pertemuan itu dibahas bagaimana mensinkronkan peran masing-masing fungsi, DPRD maupun DPD dengan perencanaan pembangunan IKN. Hal itu dimaksudkan agar pembangunan IKN berdampak luas kepada seluruh daerah di Kaltim, bahkan Kalimantan. Terutama infrastruktur.

“Pembangunan IKN itu kan harus disambut juga dengan pembangunan daerah-daerah sekitar. Infrastruktur yang baik untuk menunjang IKN,” kata Idris.

Menurutnya, rencana pemindahan IKN tetap berjalan. Pemerintah Pusat masih terus merencanakan, walaupun memang untuk pembanguan fisik mengalami hambatan lantaran pandemi Covid-19 yang terjadi dalam satu tahun terakhir. Pandemi berakibat terganggunya ekonomi, termasuk juga adanya konsentasi APBN untuk penanggulangan virus tersebut.

Meski sebagian warga Kaltim menjadi pesimis rencana perpindahan IKN dilakukan kembali, namun Idris tetap optimistis rencana itu diteruskan lagi.

(adv/mk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *