Jadi Perhatian Serius, DPRD Balikpapan Berharap Perda Khusus Anak Segera Disahkan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Masih sering terjadinya kasus kekerasan seksual hingga eksploitasi anak di Kota Balikpapan menjadi sorotan anggota DPRD.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari, ada berbagai macam hak anak yang harus terpenuhi mulai dari keterpenuhan gizi untuk tumbuh kembang hingga mendapat pendidikan dan perlindungan hukum.

“Perda ini (Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Red) sangat penting. Ini berpedoman terhadap undang-undang perlindungan anak,” tegas Subari.

Karena lanjutnya, ada juga anak berhadapan hukum yang harus mendapat pendampingan. “Termasuk pemenuhan hak-hak mereka karena anak aset bangsa dan negara,” katanya.

Sehingga regulasi daerah tak hanya sekadar payung hukum. Tetapi juga mengakomodir kebutuhan atas hak anak. Jangan sampai generasi penerus menjadi bahan eksploitasi.

“Kita lihat sekarang. Banyak anak-anak di jalanan, di persimpangan untuk berjualan, mengamen bahkan meminta-minta,” ujar politisi PKS ini.

Dia berharap rancangan peraturan daerah tersebut bisa segera disahkan agar Balikpapan benar-benar menjadi kota layak anak.

Selain juga melakukan evaluasi atas kebijakan bagi anak. “Kami juga sudah sampaikan ke Dinas Sosial agar persoalan ini benar-benar menjadi perhatian serius,” tandasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *