Jaminan Sosial dan Ekonomi yang Dibutuhkan Masyarakat Di Tengah Pandemi, Ini Kata DPRD Kutim Faizal Rahman

Kutai Timur, Metrokaltim.com – DPRD Kabupaten Kutai Timur melakukan tupoksi dan fungsi pengawasan pada realokasi anggaran yang di alihkan ke penanganan covid-19 terutama ketahanan pangan, dan pasca pemulihan covid-19 yang di rasakan masyarakat.

Faizal Rahman selaku Ketua Komisi B DPRD Kutim menyarankan pemerintah untuk fokus dalam tiga hal penanganan wabah, jaminan sosial dan yang terpenting adalah ekonomi masyarakat.

“Item perbaikan ekonomi masyarakat itu adalah bagaimana menopang terhadap ketahanan ekonomi kalau wabah ini berkelanjutan kita tidak tahu sampai kapan ini akan berlangsung. Ketahanan pangan di berbagai tempat menjadi program prioritas di setiap daerah.

Nah, Otomatis bisa menjadi kesulitan kita untuk pembagian sembako kebutuhan yang akan di salurkan ke masyarakat. Makanya saya meminta sebagai Ketua Komisi B kepada pemerintah dalam realokasi anggaran itu salah satunya mereloksaikan untuk ketahanan pangan kita,” terangnya

Faisal mengatakan, sekarang ini pemerintah bekerja sama dengan gapoktan-gapoktan bersama dinas pertanian yang memiliki data lengkap seberapa besar beras padi di kutim yang sudah penen, apa lagi sekarang ada beberapa wilayah yang sudah panen bisa kita genjot untuk menanam padi kembali.

“Saya rasa bukan hanya padi saja ada petani sayuran yang juga bisa kita berdayakan dan kita tambah luas lahan untuk becocok tanam yang awalnya 1 hektare paling tidak kita bisa menambahkan area lahan penanamannya dan pemerintah ikut berperan serta,” ungkap Faizal.

“Tadi sore saya berkonsultasi juga dengan bapak bupati sekaligus menyarankan melalui diskusi ringan, saya minta keseriusan pemerintah dan sepertinya itu sudah dialokasikan anggaran untuk pengadaan pupuk, bibit-bibit pertanian dan mensupport petani kita.

Pemerintah sekarang konsen merelokasikan anggaran untuk penanganan covid-19 berapa nanti yang di poskan untuk ke pemulihan ekonomi, berapa di poskan untuk ketahanan pangan juga,” jelas Ketua Komisi B, Faizal Rahman.

(adv/rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.