Aksi Sosial Bank Manfaat BPRS, Peduli Covid-19 Beri Bantuan 1.000 Kg Beras kepada PCNU Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sebagai bentuk perlawanan wabah virus corona (Covid 19) yang membawa dampak ekonomi bagi warga kurang mampu. Khususnya mereka yang tergantung pada pekerjaan sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Untuk membantu beban tersebut Bank Manfaat, menyalurkan bantuan 1.000 kg beras kepada Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Balikpapan.

Aksi sosial peduli Covid 19 oleh Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) ini diserahkan langsung secara simbolis dari Direktur Bank Manfaat, Hipka Mubadi dan Komisariat Bank Manfaat, Michael Joso kepada Ketua PCNU Balikpapan KH Muhammad Mukhlasin.

Menurut Hipka, dampak penyebaran virus corona di Kota Balikpapan sangat dirasakan masyarakat utamanya yang berpenghasilan rendah, yang selama ini menggantungkan kebutuhan hidupnya sehari-hari, khususnya pondok pesantern, Ustad serta Ustazah dan para santri.

“Ini merupakan dana CSR Bank Manfaat, dimana kami salurkan bekerjasama atau melalui PCNU Balikpapan yang nantinya langsung disalurkan ke penerimanya,” kata Choiril di sela-sela kegiatan kemarin.

Kegiatan ini kata Hipka, sebagai media pengenalan bahwa Bank Manfaat hadir di Kota Balikpapan sejak 2019 lalu. “Kami sebelumnya merupakan likuidasi Bank Perkreditan Rakyat Ibadurrahman Penajam yang sudah ada lebih dulu 1993. Selanjutnya berubah nama menjadi Bank Manfaat pada Mei 2019,” ujarnya.

Dikatakan Hipka, saat ini banyak program yang ditawarkan dari Bank Manfaat diantaranya ada Produk Tabungan Simpanan Masyarakat, Tabungan Wadi’ah, Pembiayaan Murah bagi para UKM. “Tabungan Simpanan Masyarakat sangat diminati masyarakat saat ini, dimana setoran awalnya lebih murah yakni Rp 10 ribu, setoran selanjutnya bisa Rp 5 ribu dan seterusnya. Dan biaya administrasinya juga kecil,” katanya.

Selain itu kata Hipka, jelang Ramadan dan Lebaran akan dilakukan proses pengajuan Gadai Emas kepada nasabah, dimana biasanya warga banyak yang menggadaikan emas di momen Ramadan dan jelang Lebaran. “Program ini sifatnya pinjaman jangka pendek selama 2-3 bulan dengan talangan sementara untuk para UMKM,” ujarnya.

Hipka menambahkan, Bank Manfaat di tahun 2020 ini ,menargetkan 23 Miliar dana pembiayaan pihak ketiga. “Saat ini tengah Covid 19 dana tersalurkan baru mencapai kurang lebih 7 miliar, jika situasi hingga Juni kedepan masih begini makin akan sulit mencapainya. Mungkin dikisaran 60-70 persen,” pungkasnya.

Sementara Komisariat Bank Manfaat, Michael Joso menambahkan sekaligus berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerimanya dengan harapan pendemi ini segera berlalu. “Kami yakin jika Bank Manfaat terus berkembang ditahun depan akan lebih banyak lagi bantuan yang kami salurkan,” ungkapnya.

Dengan bantuan ini, Ketua PCNU Balikpapan, KH Muhammad Mukhlasin mengucapkan termakasih kepada Bank Manfaat, dan bantuan ini akan diteruskan ke beberapa pesantren, Ustad serta Ustazah dan santri. “Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat, terlebih lagi dalam menyambut bulan suci Ramadan,” katanya.

Mukhlasin juga mengimbau kepada umat muslim, sambut lah Ramadan dengan rasa gembira sekalipun bersamaan dengan wabah virus corona yang terjadi saat ini. “Mari kita laksanakan ibadah puasa tahun ini dengan berbagai amal ibadah, banyak istigfar, baca Alquran, dan yang terpenting perbanyak sedekah kepada yang memerlukan,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *