Metro Kaltim

Jelang Pilkada, FKUB Diminta Ikut Menjaga Kondusifitas

Sangatta, Metrokaltim.com – Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kaltim digelar di aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutai Timur, Jalan Bukit Pelangi, Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada Selasa (24/9) malam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur (Seskab) Dr H Irawansyah, MS.i dalam sambutannya mengaskan, yang mana keberadaan FKUB memiliki peranan penting dalam memelihara kerukunan antar umat beragama.

“Terlebih memasuki suhu politik dalam menghadapi pilkada yang akan datang, FKUB di harapkan dapat memberikan energi mendinginkan suasana. Akan tetapi FKUB bukan untuk kepentingan politis,” terang Irawan -sapaan akrabnya.

Rapat koordinasi FKUB menjelang pilkada di Kutai Timur.

Irawan turut menginformasikasi biografi Kabupaten Kutai Timur, dalam populasi jumlah penduduk. “Untuk di Kabupaten Kutim ini jumlah jiwa sebanyak 15.583 (jiwa), jumlah kepadatan penduduk 11, 78 jiwa per/kilometernya, terdiri dari 18 kecamatan dan 139 desa sedangkan pemeluk agama Islam sebanyak 81,86 persen, Kristen Protestan sebanyak 11,88 persen, Katholik sebanyak 5,71 persen, Hindu 0,50 persen, Budha 0,5 persen, Konghucu 0, 1 persen,” ungkap Seskab Kutim ini.

Selain itu adapun kesukuan yang ada di Kutim bervariatif ada dari suku Dayak, Kutai, Banjar, Jawa, Toraja, Bugis, Timor dan suku lainnya.

“Sejauh ini kerukunan antar umat beragama terbilang kondusif hal ini berkat dukungan dari semua lapisan kalangan masyarakat, paguyuban, organisasi kepemudaan dan yang terpenting peran TNI-Polri,” tutup Irawan.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *