Jokowi Minta PMII Terus Tumbuh Berkembang Menjadi Organisasi yang Inovatif dan Adaptif

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kongres XX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) digelar di gedung kesenian Balikpapan, Rabu (17/3) siang.

Dalam kongres peresmikan Pembukaan Kongres PMII XX Tahun 2021, secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Presiden RI Joko Widodo berpesan agar kader PMII harus bisa menjadi navigasi perubahan.

“Perubahan selalu tidak ramah bagi yang tidak siap berubah dan berhenti belajar. Apalagi banyak organisasi yang harus rela digilas perubahannya, karena tidak sigap beradaptasi dengan perubahan,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutan Kongres XX PMII.

Jokowi minta agar PMII terus tumbuh dan berkembang menjadi organisasi kepemudaan yang inovatif dan adaptif, serta membuka diri terhadap hal baru.

“Dan dapat menguasai ilmu dan teknologi dalam menghadapi berbagai disrupsi,” harapnya.

Disebutkannya, banyak kebijakan yang telah ditempuh pemerintah, mulai dari program prioritas agar menolong ekonomi rakyat untuk tetap bisa bertahan. Meski belum menunjukkan hasil yang maksimal.

Namun ia mengakui, jika pertumbuhan ekonomi di Tanah Air telah menunjukkan perbaikan. Oleh sebab itu ia minta dukungan dan partisipasi para kader PMII yang menjadi bagian dari jihad kebangsaan ini, ikut berkontribusi ide, gagasan, dan bekerja nyata membantu dan menyelesaikan persoalan-persoalan besar bangsa.

“Saya percaya kongres PB PMII kali ini dapat menghasilkan program-program strategis yang bisa menjawab persoalan kemahasiswaan, kemasyarakatan dan kebangsaan,” paparnya.

Sementara Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menambahkan, PMII merupakan organisasi pemuda pertama yang melaksanakan kongres secara virtual.

Hadi mengingatkan bahwa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa adalah hal yang penting dalam kehidupan bernegara.

“Saya mengimbau kepada siapapun kami dari alumni, suku, bangsa, seluruh organisasi yang kami geluti sebagai alat menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia,” mengingatkan.

Dengan adanya pertemuan ini dapat memberikan manfaat bagi semua dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.

Lebih jauh, Ketua Pengurus Besar PMII Agus Mulyono Herlambang menyampaikan, kongres PMII ke XX ini mengusung tema Organisasi Maju untuk Peradaban Baru. Sedangkan Balikpapan dijadikan sebagai tempat kongres seiring dengan wacana ibu kota baru oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Semoga Kongres PMII ke XX ini membawa peradaban baru di Balikpapan untuk pergerakan yang lebih maju,” terangnya dalam sambutan.

Untuk spirit dan semangat, berkongres khususnya PMII itu yang paling penting mengutamakan kesehatan dan protokol kesehatan, PMII akan menggunakan model hybrid atau penggabungan antara konsep event daring dan luring.

“Sehingga bisa terjadi proses transformasi digital yang baik dan mungkin bisa menjadi percontohan kongres-kongres kepemudaan dan kemahasiswaan,” inginnya.

Pembukaan kongres XX PMII secara virtual dibuka di Balikpapan dan diikuti enam zona di antaranya Kendari, Batam, Lombok, Bekasi dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Hadiri pula di antaranya Wakil Ketua DPR RI, tujuh anggota DPR RI, bupati dan wali kota se-Kaltim, termasuk Ketua Pembina PBPMII.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *