Jumat Curhat Polresta Balikpapan, Cegah Kenakalan Remaja Kapolresta Perintahkan Para Kapolsek Jadi Pembina Upacara

BALIKPAPAN,Metrokaltim.com – Bertempat di Kedai Kopi HPM, Jalan APT Pranoto, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Polresta Balikpapan kembali menggelar Program “Jumat Curhat” dengan masyarakat Balikpapan, Jumat (24/2/2023).

Dalam kegiatan program “Jumat Curhat” langsung dihadiri oleh Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso dengan didampingi beberapa Pejabat Utama (PJU) Polresta Balikpapan.

Kapolresta Balikpapan V Thirdy Hadmiarso menyebut bahwa kegiatan ini sebagai sarana Polri untuk lebih dengan dengan masyarakat dan sekaligus untuk mendegarkan keluhan atau permasalahan yang dialami masyarakat secara langsung.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan masukan kepada Polri khususnya Polresta Balikpapan untuk tugas kedepan yang lebih baik lagi,” ungkap Kapolresta Balikpapan.

Mengawali kegiatan itu, Kapolresta Balikpapan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya atau menyampaikan keluhan yang dialami tentang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan yang dikemas dengan suasana santai ini, tampak beberapa masyarakat yang menanyakan dan mengeluh langsung ke Kapolresta Balikpapan.

Salah satunya yakni datang dari Agus Sugianto, ia menyinggung terkait banyaknya kendaraan-kendaraan besar yang parkir di pintu keluar jalan tol Balikpapan-Samarinda khususnya di pintu tol KM 13 Karangjoang, Balikpapan Utara.

Tak hanya Agus Sugianto, warga lainnya yang diketahui bernama Hendra, mengeluhkan kendaraan-kendaraan parkir didekat SPBU Karanganyar, selain menagkibatkan kemacetan juga sangat menganggu para pelaku usaha yang ada diwilayah tersebut.

“Selain itu pak, saya juga meminta tolong untuk memberikan himbauan kepada sekolah-sekolah karena saya sering melihat siswa yang sering bolos sekolah dan minum minuman keras,” jelas Hendra.

Menanggapi keluhan masyarakat terkait kendaraan-kendaraan yang parkir di pintu keluar jalan tol KM 13 Karangjoang dan seputaran SPBU Kebun Sayur, Kapolresta Balikpapan akan segera menindaklanjuti dan meneruskan ke jajaran Satlantas Polresta Balikpapan dan Polsek terdekat.

“Kami akan teruskan ke jajaran agar segera ditindaklanjuti dan ditertibkan kendaraan-kendaraan yang parkir tersebut,” jelasnya.

Sementara itu terkait, adanya pelajar yang bolos dan minum minuman keras, Polresta Balikpapan dan Polsek jajaran, saat ini mempunyai program untuk menjadi pembina upacara setiap hari Senin di sekolah-sekolah yang ada di Kota Balikpapan baik mulai tingkat dasar maupun menengah atas.

“Setiap hari Senin kami sudah memerintahkan Kapolsek jajaran untuk menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah, untuk memberikan himbauan tentang bahaya narkoba, bahwa miras dan kenakalan remaja dan beberapa waktu lalu jajaran Polsek Balikpapan Timur juga telah melakukan pembinaan kepada pelajar yang ketahuan bolos sekolah,” imbuh Kapolresta.

Diakhir kegiatan, Kapolresta Balikpapan juga mensosialisasikan aplikasi berbasis android yang bernama Super App Presisi, yang mana didalam aplikasi tersebut selain berikan informasi seputar tugas-tugas kepolisian juga mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan dari kepolisian.

“Didalam aplikasi ini juga terdapat menu pelayanan SIM, STNK dan Pengaduan Masyarakat, dan diharapkan dengan satu aplikasi ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang lebih cepat, transparan,” pungkasnya.  (*/Ries).

116

Leave a Reply

Your email address will not be published.