Metro Kaltim

Kapal China Juga Beraktivitas di Balikpapan, Pelindo Siapkan Pengawasan Ekstra Ketat Cegah Corona

Balikpapan, Metrokaltim.com – PT Pelindo (Persero) IV bakal memperketat pengawasan penumpang kapak yang berlabuh di kawasan Balikpapan. Hal ini guna mencegah masuknya Novel corona virus (2019-nCov) atau Virus Corona ke Kota Minyak.

Manajer Pelayanan Barang Aneka Usaha dan Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) Pelindo IV, Fanny Herling mengatakan, tak sedikit kapal-kapal berlabuh di Balikpapan, baik kapal berbendera Indonesia maupun berbendera asing.

Biasanya mereka akan berlabuh di Pelabuhan Semayang, Pelabuhan Petikemas Kariangau hingga area kilang Pertamina. “Paling banyak mereka melakukan bongkar muat penumpang, batu bara, CPO (crude palm oil), dan barang-barang,” katanya kepada awak media, Rabu (29/1).

Seiring merebaknya isu Virus Corona yang dapat membunuh siapa saja, Pelindo IV akan memperketat pegawasan terhadap semua penumpang kapal yang akan berlabuh di Balikpapan. Khususnya kapal yang datang dari Singapura dan China, akan diperiksa secara maksimal.

Pemeriksaan ini terdiri dari kesehatan dan barang. Tentunya, pengawasan tersebut akan melibatkan instansi terkait. Fanny menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona ke Balikpapan lewat jalur laut.

“Kami lakukan pengecekan terutama kapal-kapal asing, karena mereka rata-rata mengambil (berlabuh) dari sini. Sehingga pengaman dan pemeriksaan akan kami perketat,” jelasnya.

Untuk memperketat pengawasan penumpang kapal ini, lanjut Fanny, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Sehingga, diupayakan dalam waktu dekat ini Pelindo IV sudah bisa melakukan pengawasan.

“Nanti kami rapat dulu membahas langkah pencegahan Virus Corona. Nanti akan melibatkan pihak kesehatan pelabuhanan, Pelindo, Karantina dan pihak terkait lainnya,” terangnya.

Meski baru akan memulai pemeriksaan secara ketat, bukan berarti selama ini penumpang kapal tak diperiksa. Fanny mengaku, pihaknya selalu memeriksa penumpang kapal sesuai standar operasional prosedur (SOP)

“Jadi, sebelum kapal-kapal beraktivitas di pelabuhan, biasanya ada pemeriksaan sesuai SOP. Ada tim dari dari Kesehatan Kepelabuhanan, Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina naik ke atas kapal untuk pemeriksaan,” tandasnya.

(sur/idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *