Kasdam VI Mulawarman Sambut Ratusan Personel Yonif 611 Awang Long, Usai Jaga Perbatasan RI-Papua Nugini

Balikpapan, Metrokaltim.com – Setelah melaksanakan perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan mengarungi lautan luas, dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni-520, akhirnya 450 personel yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (satgas pamtas) Republik Indonesia (RI) – Papua Nugini (PNG) Yonif 611/Awang Long tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Kedatangan Satgas Pamtas Yonif 611/Awl disambut Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan dan Pejabat Utama Kodam VI/Mulawarman dengan upacara militer di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan Senin pagi (22/11).

Kasdam VI/Mlw yang membacakan sambutan Pangdam VI/Mlw menyampaikan kurang lebih 9 bulan, Satgas Yonif 611/Awang Long telah mengemban tugas negara sebagai Satgas Pamtas RI-PNG dengan berbagai macam dinamika dan tantangan. Dengan disiplin, dedikasi dan semangat juang yang tinggi semua tugas yang diberikan dapat dilakukan dengan baik.

“Yakinilah bahwa apa yang telah diperbuat di tempat tugas akan sangat bermanfaat, karena pada hakikatnya keberadaan Satgas Yonif 611/Awang Long sebagai pasukan pengamanan perbatasan menjadi efek tangkal bagi pihak manapun yang ingin merongrong kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Sehingga, tidak hanya masyarakat perbatasan yang merasa terbantu akan keberadaan Satgas Yonif 611/Awang Long, tetapi negara dan seluruh masyarakat Indonesia juga merasa tenang karena adanya pasukan di batas terdepan negara ini,” ujar Kasdam.

Kepada seluruh personel yang baru pulang tugas, Kasdam berpesan agar segera menyesuaikan dengan suasana di home base, tegakkan tata tertib, disiplin dan norma keprajuritan.

“Jadikanlah pengalaman selama di daerah penugasan, sebagai bahan evaluasi bagi peningkatan profesionalitas keprajuritan maupun bagi pengembangan satuan dalam pelaksanaan tugas di masa mendatang,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.