Kasus Kematian Covid-19 Terus Meningkat, Lahan Pemakaman di Desa Jone Hampir Penuh

Tana Paser, Metrokaltim.com – Sampai sekarang ini, kasus Covid-19 untuk di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur masih terus terjadi. Bahkan, selama pandemi ini, telah 48 jiwa yang meninggal dunia, terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab test.

Kasus kematian terkonfirmasi positif terus mengalami peningkatan. Ini pun dikhawatirkan, lahan pemakaman itu penuh, dan tak cukup lagi untuk memakamkan jenazah terkonfirmasi positif. Untuk di Kabupaten Paser, pemakaman Covid-19 berada dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Jone, Kecamatan Tanah Grogot.

“Ini Tersisa sekira 20 sampai 30 liang makam yang bisa digunakan,” kata Kasi Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Paser Ardi Setiawan, Rabu (10/2) siang.

Dikatakannya, jika area pemakaman saat ini dengan luasan 3 hektare. Tetapi, tak sepenuhnya bisa digunakan. Karena masih berupa lahan kosong dengan rerumputan maupun tumbuhan hutan.

“Karena lokasi dan kontur tanah ini berbeda dengan pemakaman yang lama. Sehingga dibuat berjarak. Di lokasi baru ini, kontur tanah miring, kami khawatir terjadi rembesan,” tukasnya.

Dengan lahan yang sudah terbatas ini dan kendala itu, pemerintah daerah diharapkan dapat membuka lahan baru. Karena siapa yang menginginkan adanya penambahan kasus kematian terkonfirmasi positiv Covid-19. Namun bagaimana pun, sedia payung sebelum hujan.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *