Kasus Kematian Rata-Rata Usia 60-70 Tahun, Pemerintah Terus Berupaya Melindungi Lansia

Balikpapan, Metrokaltim.com – Penyebaran angka terkonfirmasi positif covid-19 di kota Balikpapan mengalami penurunan, hal ini karena tingginya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara untuk hari ini (16/3) penambahan kasus terkonfirmasi positif di kota Balikpapan ada 28 kasus. Dari hasil pemeriksaan PCR dan rapid antigen ada 16 kasus positif dengan gejala dimana 5 berasal dari luar daerah, 10 kasus dari riwayat perluasan tracing kasus dan 2 kasus riwayat tanpa gejala.

“Bahkan untuk hari ini ada 3 kasus positif yang meninggal dunia. Sebelumnya tidak ada, maka itu bisa dikatakan angkat kematian alami penurunan,” ucap Kepala Dinas Kesehatan dr Andi Sri Juliarty saat pres rilis, Selasa (16/3) sore.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi di Balikpapan untuk dosis pertama secara kumulatif 14,9 persen, terdiri dari 2.694 lansia, 7.995 pelayanan publik dan 6.130 tenaga kesehatan.

Untuk vaksinasi dosis kedua cangkupan kumulatif 6,5 persen, terdiri dari 90 lansia, 1.564 pelayanan publik dimulai sejak Sabtu (13/3) lalu, kemudian tenaga kesehatan ada 5.648 orang. Dan hari ini masih berlangsung untuk guru, bahkan besok masih berlanjut untuk guru, atlet.

“Tidak hanya itu, Puskesmas besok juga akan melakukan vaksinasi pertama untuk lansia,” paparnya.

Dikatakannya, secara total mengevaluasi perminggu kasus kemarian turun, dan dari sisi usia rata-rata memang berusia 60-70 tahun yang meninggal, makanya perlindungan bagi lansia sangat perlu. Maka itu dari pusat diarahkan untuk vasksinasi lansia dipercepat.

“Mengapa tenaga kesehatan agak sulit menolong lansia, karena rata-rata memiliki penyakit Komorbidnya. Jadi bukan hanya covid saja, namun ada penyakit bawaannya hingga menyebabkan komplikasi,” jelasnya.

Untuk mencegah hal itu, pemerintah terus berupaya melindungi lansia baik dengan vaksinasi dan 3M-nya. Diharapkan warga yang memiliki lansia agar tidak terlambat melapor ke fasilitas kesehatan ketika memiliki gejala.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *