Kegiatan Sport Day dan Culture Day Disaksikan KASAD, Andika : Latihan Ini untuk Membangun Ikatan, Kerjasama, Persaudaraan dan Networking

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pelaksanaan kegiatan Sport Day dan Culture Day dalam rangka latihan bersama (Latma) Garuda Shield-15, disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa yang dilaksanakan di Markas Yonif Raider 600/Modang, Jumat (13/8) pagi.

Dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, saat pertama datang ia melihat adanya pertandingan tarik tambang yang terdiri dari prajurit TNI AD dan US Army. Yang mana ia melihat hubungan emosional antara Prajurit Batalyon 600 Raider dan para prajurit dari divisi Infanteri ke 25 dan prajurit Brigade ke-5 yang begitu dekat.

Hal itulah yang ingin dilihat Kasad, karena latihan akan selalu bisa dipelajari, dan memang alutsista akan kemudian merubah teknik maupun taktik, begitu juga perbedaan alutsista pasti akan membuat semuanya terpengaruh dan itu masih banyak waktu untuk mempelajari. Tetapi yang tidak bisa terlewatkan dari latihan ini adalah ikatan, kerjasama, persaudaraan dan networking.

“Dan saya melihat itu pagi tadi. Saya sangat senang atas apa yang rekan-rekan capai, karena dimulai dari persahabatan,” kata Kasad TNI Andika Perkasa dalam sambutannya, Jumat (13/8).

Lanjutnya, persahabatan ini ia harap tidak hanya berhenti disini, namun ia ingin semua rekan-rekan prajurit dari Batalyon 600 Raider terus berkomunikasi sampai dengan nanti 10- 20 tahun dari sekarang. Dan ia yakin suatu saat akan bertemu kembali.

“Selamat sudah memenuhi harapan kami, pimpinan yang ada di Mabes
Angkatan Darat dan saya yakin ini akan membuat adik-adik semua membawa AD lebih maju, karena waktu kami hanya tinggal sebentar, tetapi waktu adik-adik mulai dari komandan Batalyon sampai dengan prajurit masih lama berada di AD. Maka kepada rekan-rekan saya berharap bisa membawa AD jauh lebih baik,” harapan Andika.

Tidak lupa ia ucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor yang telah membantu anggaran yang cukup lumayan, sehingga acara Sport Day dan Culture Day, serta dukungan sebelumnya bisa terbantu.

Gubernur Kaltim Isran Noor menuturkan, bahwa dirinya merasa bangga dan bahagia karena Kaltim menjadi tempat latihan bersama antara TNI Indonesia dengan US Army di Amborawang. Tentu ini adalah sebuah penghargaan.

“Kegiatan latihan disini adalah sebuah penghargaan yang didapat oleh masyarakat Kaltim,” jelasnya Isran.

Dikatakannya, apalagi tempat latihan ini tidak jauh dari rencana pusat ibu kota yang direncanakan oleh pemerintah pusat. Ada sekitar 57 kilometer dari Amborawang ke pusat ibu kota. Dan sekarang ini memang kondisi kelanjutan dan persiapan itu terkendala karena pandemi covid-19. Namun karena ini memang tugas negara dan tugas pemerintah untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kaltim.

“Jadi ini bukan ada kepentingan dari pribadi, tetapi untuk kepentingan bangsa dan negara,” paparnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *