Kejuaraan Bulutangkis Kaltim Open 2022 Sebagai Ajang Pencarian Bibit Atlet Kaltim

Balikpapan, Metrokaltim.com – Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Kejuaraan Bulutangkis Kaltim Open 2022. Yang mana kejuaran resmi dibuka hari ini (20/3/2022) di Lapangan Bulutangkis Hervindo, Balikpapan Selatan.

Kejuaraan dibuka oleh Ketua Umum Pengurus PBSI Pusat Agung Firman Sampurna. Dalam kesempatan itu, dirinya mengapresiasi kejuaraan ini sebagai ajang pencarian bibit atlet Kaltim. Mengingat Kaltim merupakan salah satu kekuatan terbesar cabor bulutangkis di luar Pulau Jawa. Sementara peningkatan kualitas atlet diukur melalui kejuaraan. Karena tanpa turnamen kemampuan atlet tidak bisa dilihat.

“Bulutangkis adalah olahraga prestasi kebanggaan kita semua. Ini harus terus dilanjutkan. Bulu tangkis olahraga Indonesia,” ucap Agung dalam sambutannya, Minggu pagi.

Untuk Kejuaraan Bulutangkis Kaltim Open 2022 diikuti 236 atlet bulutangkis dari 36 klub yang terbagi dalam dua turnamen yakni dewasa open regional Kalimantan Sulawesi dan turnamen Taruna khusus untuk Kaltim.

Diketahui bahwa selama 2021 PBSI berhasil menyabet kejuaraan sebanyak 22 gelar juara menyabet emas untuk Olimpiade, kemudian membawa piala Thomas setelah 19 tahun dan sekarang berhasil kembali mendapatkan satu gelar juara setidaknya untuk All England.

“Tinggal Uber dan Piala Sudriman yang belum tercapai, setidaknya seluruh supremasi bulutangkis berhasil kita kumpulkan kembali,” jelasnya.

Disebutkannya, perjuangan atlet bisa dilihat dari dua hal, pertama proses rekrutmen reguler terakir dan instesitad trunamen, karena tanpa turnamen kemampuan tidak dapat ditingkatkan.

Kedua hasil dari tata kelola kejuaraan PBSI Kaltim open ini adalah untuk meningkatkan kualitas tata kelola dengan menguji kehandalan sistem informasi (SI) PBSI dimana pesertanya telah terdaftar dalam sistem.

Lebih jauh, Ketua PBSI Kaltim Mudiyat Noor mengatakan, pembukaan kejuaraan Bulutangkis (PBSI) Kaltim Open 2022 ini terdiri dari dua kategori yakni kategori dewasa dan taruna.

Mudiyat melaporkan bahwa PBSI Kaltim Open ini untuk mempersiapkan Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2022 di Lampung pada September mendatang, maka itu ada dua kategori yakni dewasa yang diikuti oleh club-club yang ada diregional Kalimantan dan Sulawesi. Tetapi untuk taruna tidak open, dan terbatas untuk Kaltim.

“Jadi diharapkan taruna yang ada diluar daerah seperti Jawa, kemudian balik ke Kaltim pada hari ini untuk mengikuti perencanaan seleksi Prakornas yang akan dilaksanakan bulan September,” tambah Mudiyat.

Dia berharap club-club dalam setiap pelaksanaan turnamen, agar bisa berdasarkan Sistem Informasi (SI) PBSI, karena ini demi kemajuan bulutangkis yang ada di daerah Kaltim. Kalau terlalu open tanpa menggunakan standar SI, maka banyak mengambil atlet dari luar

“Bahwa tujuan kita semua adalah untuk memajukan bulutangkis yang ada di Kalimantan Timur. Untuk ade-ade sekalian, mari kita junjung sportifitas dalam bertanding, ayo sama-sama raih prestasi lebih baik,” pungkasnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.