Pengukuhan Pengurus PBSI Kaltim, Agung : Kaltim Layak Untuk Diajukan Pelatwil

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pengurus PBSI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) masa bakti 2021-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Sabtu (19/3/2022) malam.

Usai pelantikan, Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus PBSI Kaltim periode 2017-2021 dan selamat pada pengurus PBSI Provinsi Kaltim yang baru dilantik.

Mudah-mudahan dibawah pimpinan Mudiyat Noor PBSI Kaltim akan lebih berkembang dan mampu menghasilkan berbagai kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

“Dan mampu mengayomi kepengurusan ditingkat Kabupaten Kota dan perkumpulan bulutangkis yang ada di Kaltim,” ucap Agung Firman Sampurna.

Menurutnya, provinsi Kaltim merupakan salah satu potensi besar pengembangan cabang bulutangkis di luar pulau jawa. Tercatat, sebanyak 92 club bulutangkis dengan 1.609 atlet terdaftar di Kaltim. Bahkan hampir seluruh Kabupaten dan Kota mempunyai club bulutangkis.

“Dengan potensi yang seperti itu, maka dilakukan pembinaan yang baik bukan tidak mungkin Kaltim bisa menghasilkan atlet yang berprestasi baik untuk Kalimantan, nasional maupun internasional,” akunya.

Untuk pembinaan atlet, Agung menyebut telah mengembangkan strategi pembinaan untuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) desentralisasi yang akan dibentuk sebagai lembaga Pemusatan Latihan wilayah (Pelatwil). Sementara Pelatwil akan berada di tiga wilayah yakni Barat, Tengah dan Timur.

“Salah satu tempat yang layak untuk diajukan Pelatwil di tengah adalah Kaltim yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Pelatnas,” terangnya.

Sementara Ketua PBSI Kaltim Mudiyat Noor menyampaikan, bahwa ini suatu kebanggaan bagi pengurus PBSI Provinsi Kaltim bahwa malam hari ini (19/3) dilantik oleh ketua umum, sehingga ini akan menjadi cerita tersendiri bagi pengurus PBSI Provinsi Kaltim.

“Cabang olahraga bulutangkis merupakan olahraga favorit yang bisa dinikmati seluruh kalangan baik pemula maupun dewasa. Bahkan banyak peminatnya,” jelas Mudiyat Noor di dalam sambutannya usai pelantikan.

Dikatakan, dari prestasi Kaltim termasuk yang mempunyai kekuatan paling rata, paling bagus di luar Jawa, Bali dan Banten. Tetapi terkendala pembinaan atlet, begitu usia dini menginjak remaja, taruna di Kaltim terhambat persoalan pembinaan.

“Sehingga berakibat atlet-atlet muda dari Kaltim bersekolah di klub-klub yang ada di luar Kaltim, dan ketika ada pertandingan event di luar event-event daerah seperti kejurprov, sangat disayangkan atlet itu mewakili daerah dimana klub itu berada,” paparnya.

Mudiyat berharap ke depan pengurus PBSI provinsi bisa menargetkan dan mampu bersaing dan berkompetisi dengan provinsi di Pulau Jawa. Karena, potensi di atlet klub bulutangkis di Kaltim luar biasa, bisa memanfaatkan dan melibatkan perusahaan-perusahaan besar di Kaltim untuk pembinaan di klub-klub.

“Kita butuh dorongan pemerintah daerah untuk bisa membantu cabor-cabor tertentu terutama cabor unggulan untuk memberikan CSR,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published.