Kelurahan dan LPM Gunung Samarinda Resmikan TPS di Kampung Timur

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kelurahan Gunung Samarinda bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gunung Samarinda, Balikpapan Utara (Balut) meresmikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) baru yang berada diwilayah Kampung Timur, Rabu (29/9).

Usai peresmian, Lurah Gunung Samarinda Tarso menjelaskan, ini merupakan puncak peresmian TPS baru dan menutup TPS lama yang berada diwilayah wono rejo. Keinginan ini sebenarnya sudah cukup lama dinantikan masyarakat Gunung Samarinda.

Apalagi permalasahan sampah ini sudah sejak lama terjadi, sejak ia belum menjadi lurah. Dan alhamdulilah hari ini (29/9) TPS lama sudah ditutup, mudah-mudahan TPS baru ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Kami berharap tidak ada lagi warga yang buang sampah di TPS lama, melainkan sudah diarahkan ke TPS baru,” ucap Tarso saat ditemui awak media, usai peresmian TPS.

Peresmian TPS di Kampung Timur, Balikpapan Utara.

Lanjutnya, mengingat lokasi Gunung Samarinda banyak pelaku kuliner maupu bisnis, diharapkan bisa selalu memberikan dukungannya. Usai ditutup, TPS lama tersebut rencananya akan dijadikan taman ataupun perluasan jalan.

“Harapan kami barang kali bisa dilakukan perlebaran, mengingat jalan itu sering terjadi kemacetan,” akunya.

Ketua LPM Gunung Samarinda Halili Adi Negara menambahkan, pertama ia ucapkan terima kasih kepada lurah yang selalu mensupport kegiatan LPM Gunung Samarinda, hingga terlaksananya peresmian TPS baru ini.

Halili menjelaskan, bahwa selama ini LPM sangat antusias untuk memindahkan TPS lama ke TPS yang cukup baik. Dan Alhamdulillah hari ini (29/9) TPS tersebut sudah resmi dipindah ke TPS Kampung Timur, yang mana TPS ini akan digunakan untuk masyarakat Gunung Samarinda dan Gunung Samarinda Baru.

“Karena namanya TPS Kampung Timur jadi untuk masyarakat umum, tetapi kalau TPS Wonorejo hanya meliputi 5 RT diwilayah Gunung Samarinda,” tambah Halili.

Disinggung perihal anggaran, dipaparkannya bahwa untuk perpindahan TPS ini pihaknya menggunakan anggaran pribadi maupun sumbangsih dari jajaran LPM. Mulai dari awal pembukaan lahan hingga akhir peresmian TPS.

“Jadi kalau berapa dana dikeluarkan, tidak bisa terhitung,” paparnya.

Selain itu, LPM juga mendapatkan bantuan keuangan (Bankue) dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebesar Rp 600 juta untuk semenisasi akses jalan menuju TPS dan 5 Penerangan Jalan Utama (PJU) serta countainer sampah dari Pemerintah kota Balikpapan.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *