Kelurahan dan Semarak Peduli Bencana Muara Rapak Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Muara Rapak

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara (Balut) bersama Semarak Peduli Bencana Muara Rapak menyalurkan bantuan donasi berupa uang tunai, kepada korban kebakaran di lingkungan RT 13 yang dikumpulkan melalui ketua RT dan warga setempat.

Usai penyaluran, Lurah Muara Rapak Bima Wibisono mengatakan, bahwa hari ini (18/3) kelurahan bersama tim Semarak Peduli Bencana menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di wilayah RT 13 Muara Rapak.

“Bantuan donasi ini dikumpulkan melalui ketua RT dan warga Muara Rapak. Dan Alhamdulillah sudah disalurkan kepada korban,” ucap Bima Wibisono saat ditemui awak media, Jumat (18/3/2022).

Sementara donasi yang terkumpul kurang lebih sekitar Rp 37 juta. Sebelum penyaluran, pihaknya menggunakan empat kriteria antaranya korban meninggal mendapat Rp 2 juta, korban kebakaran per jiwa Rp 1 juta dan pemilik bangunan Rp 2 juta. Adapun KK prioritas yang memiliki anak sekolah diberikan tambahan Rp 1,2 juta.

Jumlah korban yang menerima bantuan ada 24 kepala keluarga dan 4 kepala keluarga yang dianggap prioritas.

“Untuk korban yang belum datang, dana akan kami titip melalui ketua RT atau Satgas kelurahan,” jelasnya.

Bima berharap, mudah-mudahan donasi yang diberikan ini menjadi berkah dan para korban diberikan rezeki lebih. Dan sampai saat ini, Pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan belum menyalurkan bantuan berupa uang sewa kepada korban kebakaran, sehingga pihak kelurahan masih menunggu.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan disalurkan kepada korban, mengingat tim dari Pemkot sudah melakukan verifikasi data dilapangan.

“Mudah-mudahan Semarak Peduli Bencana ini tetap berkewajiban memberikan edukasi saling kepedulian antara sesama untuk kemanusiaan,” paparnya.

Lebih jauh Ketua Semarak Peduli Bencana Muara Rapak Suroso menambahkan, bantuan ini dihimpun sejak tanggal (9/3) lalu melalui ketua RT dan warga Mura Rapak. Dan Alhamdulillah sudah terkumpul sebesar Rp 37 juta.

“Bantuan sudah kami salurkan kepada korban kebakaran hari ini (18/3),” tambahnya.

Lanjutnya, semoga Semarak Peduli Bencana tetap berkomitmen dan berkesinambungan untuk membantu korban yang terkena bencana, baik banjir, longsor dan kebakaran. Ia juga mengingatkan warga Muara Rapak disaat cuaca ektrim seperti hujan maupun panas untuk tetap waspada.

“Untuk itu warga diminta untuk dapat mengontrol peralatan yang berpotensi kebakaran,” ungkapnya.

(Mys/ Ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *