Kemenag Balikpapan Belum Setorkan Zakat Ke Baznas, Doris : Mereka Beri Imbauan Tetapi Mereka Tidak Menyetor

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Terkait dengan informasi yang beredar bahwa Kemenag Balikpapan belum menyerahkan zakatnya pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Balikpapan sejak bulan Januari 2023 hingga saat ini.

Hal ini membuat Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Doris Eko geram dengan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan.

“Inikan lucu, mereka (Kemenag Balikpapan, red) yang berikan imbauan untuk menyerahkan zakat ke Baznas tapi mereka tidak menyetor,” kata Doris saat ditemui awak media diruang kerja beberapa hari lalu (3/5/2023).

Dirinya menilai jika Kemenag Balikpapan tidak komitmen, sedangkan semua instansi diimbau untuk menyerahkan zakat ke Baznas Balikpapan, tetapi Kemenag Balikpapan justru ingin mengelola zakatnya sendiri.

“Lalu buat apa Kemenag memberikan imbauan bayar zakat ke Baznas, tapi instansinya tidak mau menyetorkan,” ujarnya.

Menyikapi hal itu, Komisi IV DPRD kota Balikpapan berencana memanggil Kemenag Balikpapan untuk mempertanyakan perihal permasalahan ini.

Ditempat terpisah Kepala Baznas Balikpapan Abdul Rasyid Bustomi membenarkan, sejak Januari hingga saat ini pihak Unit Penyetor Zakat (UPZ) Kemenag Balikpapan belum menyetorkan zakat.

“Informasinya dari Kemenag memohon untuk menyalurkan sendiri, 70 persen untuk Kemenag dan 30 persen untuk Baznas,” tambahnya.

Ia pun menyarankan agar Kemenag menyusun Rancangan Kerja Angaran Tahunan (RKAT) untuk diajukan ke Baznas, sehingga setelah RKAT disususn maka pihak Baznas akan mengikuti regulasinya.

“Saya minta RKAT-nya disusun dulu, karena sampai saat ini belum disetorkan zakatnya tapi kita sudah komunikasi, Insya Allah beberapa hari ini akan disetor,” terangnya. (mys/ries)

157

Leave a Reply

Your email address will not be published.