Ketua DPRD Kaltim Dukung Kebijakan Pemerintah Pelarangan Mudik Lebaran

Balikpapan, Metrokaltim.com – Rapat koordinasi lintas sektoral dilakukan Polda Kaltim bersama Forkopimda Provinsi Kaltim dalam rangka menghadapi bulan suci ramadan dan Idul Fitri 1442 H. Kegiatan yang digelar pada Rabu (21/4) di ruang Mahakam Polda Kaltim tersebut dipimpin langsung oleh Kapolri dan Panglima TNI.

Rakor yang membahas berbagai persiapan di bulan ramadan dan Idul Fitri 1441 H tersebut dihadiri oleh Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si. , Pangdam VI/MLW Mayjen TNI Heri Wiranto, MM, MTr , Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK dan Forkopimda Kaltim.

Usai mengikuti Rakor tingkat Kementerian, Gubernur Kaltim mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral bersama Forkopimda Kaltim.

Kapolda Kaltim dalam arahannya mengingatkan tentang peniadaan mudik Hari Raya 1442 H mulai tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021 mulai berlaku, dan upaya pengendalian covid-19 selama bulan Ramadhan.

“Pelarangan mudik ini merupakan upaya untuk menekan angka penyebaran Covid 19 di Kaltim, terutama bagi lansia yang memiliki resiko tinggi untuk terpapar. Jadi tidak ada orang yang masuk ke Kaltim baik jalur darat, laut maupun udara,” terang Irjen Pol Herry, Rabu (21/4).

Tak hanya itu, Polda Kaltim juga siap mengintensifkan pemantauan pergerakan harga kebutuhan bahan kebutuhan pokok, terutama beras, bawang merah, telur ayam, daging ayam, daging sapi dan minyak goreng dan memastikan ketersedian stok dan pasokan bahan kebutuhan pokok di daerah masing masing.

“Selain itu Polda Kaltim akan melakukan langkah langkah korektif atas indikasi adanya katidakwajaran kenaikan harga, gangguan distribusi, kekurangan pasokan dan penimbungan dan melakukan inspeksi lapangan berupa sidak kepasar, distributor, dan gudang pangan,” ucap Kapolda.

Jendral bintang dua ini menambahkan, melihat berbagai potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama bulan ramadan, Kapolda juga meminta kepada seluruh jajaran Forkopimda Kaltim untuk saling bersinergi dan berkomitmen bersama dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas Provinsi Kaltim termasuk terhadap ancaman terorisme yang saat ini sedang terjadi.

“Oleh karena itu saya berharap pelaksanaan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H tahun ini di Kalimantan Timur dapat berlangsung dengan lancar dan aman,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK mendukung kebijakan yang diambil pemerintah. Karena ini merupakan upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Kami mendukung dengan kebijaka dengan pelarangan mudik, karena ini salah satu upaya kita dalam menuntaskan kasus covid-19. Jadi tidak ada warga luar Kaltim masuk ke Kaltim. Kita berdoa agar kasus covid-19 segera terus menurun dan menghilang,” papar Makmur.

(adv/mk/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *