Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh Salat Eid di Masjid At -Taqwa Balikpapan

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh bersama keluarga melaksanakan Salat Iduladha 10 Dzulhijjah 1445 H bertempat di Masjid At-Taqwa Balikpapan Kota, Minggu (17/6/2024) pagi.

Dalam pelaksanaan salat Iduladha tahun ini, yang bertindak sebagai Khotib yaitu Drs. H Ahmad Fanani, untuk imam yakni Ust Amin Maulana dan Bilal yaitu Khoiril Budiman.

Dalam sambutan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang dibacakan Ketua DPRD Balikpapan, mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1445 H kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan, khususnya jemaah Salat Iduladha.

“Kami atas nama pribadi beserta keluarga dan Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kekhilafan,” ucap Abdulloh saat membacakan sambutan wali kota Balikpapan.

Pada kesempatan yang baik ini, ia mengingatkan pentingnya mewujudkan makna Iduladha dalam hablu minawla, hablu minanas.

Peristiwa kurban yang hari ini diperingati umat islam di seluruh dunia, memang seharusnya tidak lagi di maknai hanya sebatas proses ritual belaka, karena secara nyata pertumbuhan nilai-nilai kemanusiaan dan spiritkan keadilan sosial dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

Presiden RI pertama Ir Soekarno, pernah mengatakan bahwa tidak ada hidup tanpa pengorbanan dan tidak ada korban yang hilang terbuang.

“Dengan demikian, kita bisa mengatakan bahwa berkurban merupakan inti dari kehidupan yang penuh arti dan tidak akan pernah sia-sia,” jelasnya.

Dimensi sosial dari ibadah kurban yaitu pentingnya kepekaan sosial dan kesadaran terhadap persoalan kehidupan seperti kemiskinan dan tidak kemampuan ibadah kurban sebagai wujud nyata.

“Momentum iduladha ini dapat menjadi ladang amal bagi setiap individu untuk memberikan sumbangsih kontribusi dan memberi arti yang lebih besar terhadap bersama sesuai dengan profesi dan status masing-masing,” imbuhnya.

Dirinya juga berpesan, bahwa ukuwah yang sudah terjalin dengan baik, hendaknya dapat terus dipertahankan menjadi modal pembangunan dalam mewujudkan masyarakat Balikpapan yang rukun, saling bersinergi dan memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah. (milikku/ries)

127

Leave a Reply

Your email address will not be published.