Ketua DPRD PPU Ajak Warga Patuhi Prokes saat Silaturahmi Lebaran

Penajam, Metrokaltim.com – Pemerintah pusat melalui gubernur dan bupati melaraang warga mudik lebaran Idul Fitri tahun 2021. Larangan itu dilakukan untuk memutus rantai penyebarab corona.

Untuk itu, Ketua DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Jhon Kenedi mengingatkan kepada seluruh warga Benuo Taka untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) sesuai yang dianjurkan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.

“Saat lebaran biasanya silaturahmi ke keluarga dan teman. Dengan banyaknya pertemuan ini dikhawatirkan virus menyebar. Untuk memutus rantai penyebaran virus corona makanya dilarang mudik lebaran,” ungkap Jhon Kenedi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/5).

Momentum perayaan Idul Fitri hal yang dinanti-nantikan umat muslim di seluruh dunia. Apalagi di Indonesia memiliki tradisi mudik lebaran. Libur lebaran dimanfaatkan pulang ke kampung halaman, ketika pandemi belum menyerang hampir seluruh dunia. Saat lebaran juga ajang silaturahmi dengan keluarga dan kerabat lainnya.

“Jujur saya merasa sedih. Biasanya setelah imat muslim menjalani puasa selama sebulan, perayaan lebaran juga dimaknai kebahagiaan. Karena momentum itu kita bersikaturahmi dengan keluarga. Karena corona ini, seakan kebahagiaan di momen kebaran sirna,” katanya.

Pandemi covid-19 mengguncang hampir seluruh sendi kehidupan masyarakat maupun berbangsa dan bernegara. Perekonomian pun turut rontok. Karena semenjak pandemi ruang gerak masyarakat di batasi demi keselamatan jiwa.

“Sebagai umat beragama, kami meyakini dibalik ujian pandemi ini ada hikmah yang bisa dipetik. Di lebaran nanti masyarakat tetap boleh bersilaturahmi dengan sanak famili. Tapi, harus mengutamakan protokol kesehatan, jangan sampai menulari orang yang dikunjungi atau sebaliknya,” pungkas Politikus Demokrat ini.

(adv/mk1/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *