Ketua KPU Balikpapan Pastikan 1.505 TPS Siap Menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara

Balikpapan, Metrokaltim.com – 1.505 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di enam kecamatan di Kota Balikpapan dipastikan siap untuk menggelar pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkada Balikpapan tahun 2020 yang digelar serentak pada Rabu (9/12) hingga penyelenggara di tingkat bawah.

“Hari ini juga seluruh penyelenggara ditingkat bawah untuk memastikan bahwa TPS dengan jumlah 1.505 itu betul adanya. Jangan sampai ada TPS yang tidak ada wujudnya,” terang Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, pada Selasa (8/12) malam.

Selain itu pihaknya juga memastikan kotak suara tidak berpindah dari TPS ke rumah, karena kotak suara harus tetap berada di TPS. “Tidak boleh kotak suara ke rumah-rumah, tidak boleh. Karena itu akan mengundang kecurigaan,” tegasnya.

“Karena nanti ada anggapan jangan-jangan dibongkar ditusuk. Timbul prasangka-prasangka buruk terhadap kinerja kita. Jadi, TPS-nya ada kotak suaranya ada,” ujarnya.

Tepat pukul 06.00 Wita seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah berada di masing-masing TPS. Karena pukul 07.00 Wita sudah dimulai pencoblosan dan setelah pukul 13.00 Wita dilakukan penghitungan suara.

“Besok, jam 6 pagi seluruh KPPS sudah kumpul di TPS untuk persiapan pembukaan pembukaan pemungutan. Jam 7 pagi sampai jam 13 itu pemungutan. Baru jam 13 sampai ke atas itu penghitungan,” pungkasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *