Kinerja Perumda Dipertanyakan, Sudah Tiga Tahun Tak Memberikan Kontribusi ke PAD

Balikpapan, Metrokaltim.com – Untuk melakukan beberapa langkah pemeriksaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Panitia khusus (Pansus) Perumda Manuntung menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mengundang Inspektorat, Kamis (24/6).

Wakil Ketua Pansus Perumda Manuntung drg Syukri Wahid menyampaikan, agenda itu dilakukan karena Inspektorat belum pernah melakukan audit Perumda sejak tahun 2010, sehingga perlu dilakukan.

“Nah mengapa kami perlu menjajaki tadi, karena hasil capaian tiga tahun terakhir secara kinerja Perumda tidak memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ucap Syukri Wahid.

Dirinya melanjutkan, secara tupoksi kinerja inspektorat terbagi menjadi tiga hal, antaranya pertama secara reguler melakukan audit keuangan kepada OPD-OPD. Kedua, Inspektorat juga melakukan audit atas kinerja dan ketiga ada audit atas dasar kepatuhan. Disamping itu, atas tujuan tertentu dari permintaan Wali Kota atau Bupati, Inspektorat juga dapat melakukan pemeriksaan.

“Bahkan Inspektorat tidak pernah melakukan audit atas permintaan kepala daerah,” akunya.

Mengenai hal tersebut, Pansus berencana akan melakukan audit keuangan dan kinerja Perumda atas minimnya restribusi PAD Balikpapan dan berharap akan sesuai dengan rencana yang telah disepakati.

“Mudah mudahan Pansus ini bisa melakukan kesimpulan,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *