Kodim Balikpapan Kumpulkan 100 Kantong Darah, Bakti Sosial Menyambut HUT Kodam VI/Mulawarman ke-62

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka menyambut HUT Kodam VI/Mulawarman ke-62, Kodim 0905 Balikpapan menggelar bakti sosial berupa donor darah yang digelar pada Sabtu (11/7) pagi di aula Makodim.

Dalam kegiatan yang bertema “Mulawarman Peduli” tersebut dihadiri sekira 150 orang yang hendak mendonorkan darahnya. Turut hadir dalam itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan diantaranya Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, Kepala Dinkes Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty, Ketua PMI Balikpapan drg. Dyah Muryani, para Pasi Kodim 0905/Bpp serta para Danramil Kodim 0905/Bpp dan lainnya.

Dalam sambutannya Rizal sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial ynag digelar oleh Kodim Balikpapan berupa donor darah. Karena sumbang sih berupa darah ini sangat penting untuk membantu menyelamatkan warga yang sangat membutuhkan.

Foto bersama Wali Kota Balikpapan, Kapolresta, Dandim, Kepala DKK, Kepala PMI dalam kegiatan bakti sosial donor darah.

“Kegiatan Donor darah dalam rangka HUT Ke-62 Kodam VI/Mulawarman dengan tema ‘Mulawarman Peduli’ yang di adakan di Makodim 0905 Balikpapan ini sangat baik sekali. Karena sumbang sih ini sangat penting kita lakukan untuk menyelamatkan saudara kita khususnya bagi mereka yang membutuhkan,” ungkap Rizal.

Orang nomor satu di pemerintahan Kota Balikpapan ini juga menyampaikan bahwa di hari yang sama itu juga bertepatan dengan hari ulang tahun Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr. Andi Sri Juliarty. “Hari ini juga bertepatan hari ulang tahun Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Dio (sapaan akrabnya dr Andi Sri Juliarty, Red) yang ke-52, semoga selalu diberikan kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah ini dalam rangka menyambut HUT Kodam VI Mulawarman ke-62 sesuai dengan tema Mulawarman Peduli yang sebelumnya telah dilakukan di Makodam VI Mulawarman.

Istri Dandim Balikpapan I Gusti Agung Ayu saat melihat jalankan kegiatan donor darah di aula Makodim Balikpapan.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Kodam VI Mulawarman diutamakan terkait kegiatan kemasyarakatan salah satunya melakukan kegiatan donor darah,” terang Agung Putu.

Dandim menambahkan kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Kodim Balikpapan terhadap persediaan stok darah yang makin menepis bisa kembali normal. “Sesuai penyampaian Ketua PMI bahwa persediaan stok darah semakin menepis di Balikpapan, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa kembali normal stok darah di PMI,” harapnya.

Partisipasi para peserta donor darah.

Menurut Agung Putu di tengah pandemi covid-19 memang persyaratan untuk melaksanakan donor darah sangat diperketat, hal ini dilakukan demi keamanan masyarakat sehingga diyakini darah yang diambil darah yang bersih dan sehat.

“Protokol kesehatan tetap wajib dilakukan demi keamanan masyarakat bersama,” pungkasnya.

Dari kegiatan bakti sosial donor darah ini berhasil mengumpulkan 100 Kantong dan semuanya telah di tampung di PMI Balikpapan, nantinya akan di distribusikan kepada para pasien Rumah Sakit di Kota Balikpapan yang membutuhkan.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *