Kolaborasi BEM Seka dengan Polresta Balikpapan, Sebar Seribu Paket Sembako di Dua Kota

Balikpapan, Metrokaltim.com – Meski kerap berbenturan di lapangan saat menggelar aksi unjuk rasa dalam hal mengkritisi kebijakan pemerintah, rupanya sinergitas mahasiswa dengan aparat kepolisian juga terjalin dalam melakukan aksi nyata membantu warga di tengah pandemi covid-19 ini.

Seperti dilakukan Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa se-Kalimantan (BEM Seka) kompak bersama Polresta Balikpapan melakukan aksi nyata bersama, yakni membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat yang tengah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) dan masyarakat yang terdampak.

Koordinator Pusat (Korpus) BEM Seka Husain Firdaus menyampaikan pembagian bantuan sosial (Bansos) ini dilakukan bersama pihak Polri dalam hal ini Polresta Balikpapan dilakukan selama beberapa hari, untuk membantu warga terdampak pandemi dan menjaga stabilitas politik daerah.

Husain menjelaskan bahwa terdapat 1000 paket sembako yang disediakan dan didistribusikan di dua kota yakni Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

“Bem Seka sudah melakukan kegiatan di dua tempat Alhamdulillah kita menyalurkan 1000 paket sembako pada hari sebelumnya sudah dilakukan di kota Samarinda ada 500 paket dan hari ini 500 paket di Balikpapan. 500 bantuan paket sembako yang didistribusikan kepada warga yang membutuhkan di Balikpapan,” terang Husain, disela kegiatan pada Rabu (11/8) siang di Mapolresta Balikpapan.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergitas antara Mahasiswa dan Polri untuk bersama-sama membantu masyarakat dalam meringankan beban masyarakat akibat penurunan perekonomian dampak dari adanya Covid-19.

“Ini salah satu bentuk sinergitas dan gotong royong kita terhadap masyarakat yang kesusahan yang sangat membutuhkan hari ini kita bergerak bersama mahasiswa dengan take line Indonesia Pulih Kaltim Bangkit,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan apresiasi kepada jajaran Polresta Balikpapan yang dapat bersama-sama melakukan kolabirasi membantu meringankan beban masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi yang sudah menyambut kami dengan baik yang juga menyumbangkan 100 paket sembako,” sebutnya.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi menyambut baik kegiatan para Mahasiswa yang ikut peduli dengan kondisi yang ada saat ini. “Bersama dengan adik-adik Mahasiwa Bem Seluruh Kalimantan melakukan kegiatan yang sama kita back up dalam bentuk kegiatan,” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan berbagi ini merupakan bentuk simpati yang diwujudkan oleh Bem Seka dengan bersinergi dengan Polri untuk bersama-sama meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Untuk itu kita semua seluruh elemen masyarakat kota Balikpapan, Kaltim dan bahkan seluruh Indonesia merasa berempati sehingga menunjukan empati dan simpati ini memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 saat ini,” jelasnya.

Perwira menengah berpangkat tiga melati di pundak ini menjelaskan bahwa semua ide kegiatan berasal dari para Mahasiswa yang tergabung dari Bem Seka 

“Semua kepastian menyalurkan nanti dari Mahasiwa karena ini semua ide dari Mahasiswa Bem Se Kaltimantan kita lakukan secara bersinergi semua lapisan masyarakat baik Mahsiswa, pemuda masyarakat pengusaha yang perduli terhadap dampak di Kaltim,” katanya.

Salah satu warga bernama Mariyah (58) mengaku terbantu dengan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako dari Bem Seka dan Polresta Balikpapan.

“Saya buruh cuci piring, suami saya ngojek tentu kami sangat terbantu dengan pemberian bantuan paket sembako bisa apalagi sekarang sulit cari uang pak,” timpalnya.

Senada dengan Iwan yang merupakan Juru Parkir di kawasan Ruko Bandar Balikpapan yang mengaku pendapatnya berkurang lantaran sepinya pengunjung akibat adanya pembatasan.

“Ya menurun pendapat mas, biasanya sehari dapat Rp50 ribu sampai Rp100 ribu, sekarang Rp25 ribu udah bersyukur. Kami terimakasih sudah diberi bantuan dari Mahasiswa dan Pak Kapolres,” pungkasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *