Komisi IV DPRD Samarinda Soroti Kondisi Perpustakaan Disetiap Sekolah Yang Dinilai Kurang Layak

SAMARINDA.Metrokaltim.com- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Sri Puji Astuti menyoroti kondisi perpustakaan daerah Kota Samarinda.

Dirinya menilai, bahwa walaupun representatif, namun sayangnya tak seperti kondisi di beberapa perpustakaan sekolah. Puji mengakui juga jika hampir semua sekolah di Kota Tepian belum memiliki standarisasi kelayakan perpustakaan. Padahal, perpustakaan merupakan hal yang vital bagi guru maupun murid.

“Masih banyak yang tidak standar. Perpustakaan itu harusnya nyaman bersih, sirkulasinya bagus, buku-buku tertata bagus, tidak ada debu lalu buku tersedia juga harus baru,” ucapnya. 

Tak hanya perpustakaan yang belum memadai, Puji juga menemukan adanya sekolah yang masih belum memiliki perpustakaan pada saat kunjungan beberapa waktu lalu, tentunya kondisi tersebut sangat memprihatikan.

Puji juga menilai jika seorang pustakawanlah yang harusnya mengelola perpustakaan sekolah. Karena pustakawan yang lebih memahami tugas dan bagian yang perlu dikembangkan untuk perpustakaan.

“Perpustakaan dikelola hanya guru biasa, padahal ktia kan perlu pustakawan yang lebih sesuai,” ujarnya.

Dalam hal ini secara tegas dirinya menyebut jika Komisi IV DPRD Kota Samarinda terus melakukan tinjauan dan sidak ke sekolah untuk melihat secara langsung fasilitas penunjang pendidikan di Kota Tepian. (Adv)

115

Leave a Reply

Your email address will not be published.