Metro Kaltim

Kontes Cupang Hias Online di Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Lomba ikan cupang hias digelar di kota Balikpapan secara online untuk yang pertama kalinya. Lomba ikan hias cupang ini di laksanakan di kayu caoffee jalan Martadinata Balikpapan tengah pada Minggu (02/8) pagi.

Lomba ikan hias cupang ini di prakarsai oleh Rara Aquafish dengan jumlah peserta mencapai 200 pendaftar dengan total kategori yang dilombakan sebanyak 25 kategori.

Ketua panitia Mulyadi mengatakan lomba ikan hias cupang ini di gelar dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan masa yang banyak sehingga di lakukan secara online, peserta yang mengikuti kontes ikan cupang hias cukup ikannya saja yang hadir di lokasi acara sementara pemilik melihat penjurian melalui online.

” Ini yang pertama kalinya , kontes ikan cupang hias di gelar secara online, jadi pemilik cukup melihat di media sosial saat penjurian dilakukan,” jelasnya.

Untuk peserta sendiri selain dari wilayah Kalimantan Timur juga terdapat peserta dari luar pulau Kalimantan Timur yakni dari palu, Sulawesi Tengah.

Sementara itu ketua cupang Balikpapan Eboy menuturkan, kontes ikan cupang hias yang di gelar ini sangat baik meskipun di tengah pandemik Covid-19 di kota Balikpapan, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan tidak hadirnya pemilik ikan yang ikut lomba sehingga tidak terjadi kerumunan orang.

” Ini juga mendongkrak para petani ikan hias cupang, dengan ikut kontes ikan hias cupang akan semakin banyak penggemar nya dan membuat penjual ikan cupang menuai hasil,” ungkapnya.

Dengan adanya kontes yang di gelar otomatis permintaan ikan hias cupang akan semakin banyak, dan hal ini membuat perekonomian tidak stak atau berhenti meski di tengah pandemi Covid-19, tambah Eboy.

Juri yang di hadirkan dalam kontes ikan cupang hias diambil dari Samarinda dan Balikpapan, penilaian yang di lakukan cukup teliti, dari keindahan, kerapian , kemewahan ikan dan show ikan dinilai secara umum. Kontes ikan cupang ini akan di gelar setiap bulan sekali selama lima bulan dengan memperebutkan piala bergilir, pungkas Mulyadi.

(idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *