KPI Unit Balikpapan Gelar Donor Darah dan VCT HIV/AIDS

BALIKPAPAN, Metrokaltim.com – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan kembali mengadakan kegiatan donor darah. Peserta donor darah berasal dari pekerja dan mitra kerja PT KPI Unit Balikpapan. Kegiatan yang dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Voluntary Counselling & Testing (VCT) HIV/AIDS itu dilaksanakan di halaman on site clinic Kantor Besar PT KPI Unit Balikpapan (Jumat, 16/06).

“Kegiatan donor darah kali ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan VCT HIV/AIDS,” kata Pjs General Manager PT KPI Unit Balikpapan Novie Handoyo Anto. Pada kegiatan donor darah kali ini terkumpul 60 kantong darah dan sebanyak 100 orang mengikuti kegiatan VCT HIV/AIDS.

Terkait dengan kegiatan VCT HIV/AIDS, Anto menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk mendeteksi apakah seseorang terkena HIV/AIDS. “Saya berharap di lingkungan Kilang Balikpapan tidak ada pekerja ataupun mitra kerja yang terkena HIV/AIDS. Semua yang test hasilnya negatif dan selamanya juga negatif,” harap Anto.

Senada dengan hal tersebut, Perwakilan Puskesmas Karang Jati Rose Retnoningrum menyampaikan bahwa VCT HIV/AIDS perlu dilakukan secara periodik, baik itu 1 bulan sekali, 3 bulan sekali atau minimal 1 tahun sekali.

“VCT HIV/AIDS sangat penting agar kita tidak jatuh kedalam AIDS. Jika kita sudah tahu status HIV-nya, segera lakukan pengobatan, karena pengobatan menjadi satu-satunya cara untuk kita (penderita-red) bisa tetap hidup normal. Virusnya dapat ditekan hingga tidak berkembang menjadi AIDS,” kata Rose.

Sebagai informasi, PT KPI Unit Balikpapan beberapa waktu yang lalu juga menerima penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk kategori Platinum.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan kegiatan donor darah merupakan progam rutin perusahaan bekerja sama dengan PMI Kota Balikpapan.

“PT KPI Unit Balikpapan secara rutin menggelar kegiatan donor darah. Hal ini dilakukan karena kebutuhan terutama untuk orang yang sedang sakit dan perlu transfusi darah secara rutin. Kegiatan ini sangat penting dilakukan sebagai upaya perusahaan dalam membantu PMI untuk menambah dan mengelola stok darah mereka ketika dibutuhkan dalam keadaan darurat,” kata Chandra.

Kegiatan donor darah kali ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni. Perayaan ini dideklarasikan World Health Assembly ke-58 pada tahun 2005 sebagai acara global tahunan. Hari Donor Darah Sedunia dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah.

WHO mengambil tanggal lahir Karl Landsteiner sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Landsteiner merupakan ahli patologi dan imunologi berdarah Austria-Amerika. Ia mendapat hadiah Nobel pada 1930 untuk karyanya tentang golongan darah dan pengembangan sistem transfusi darah modern.

Tahun ini, Hari Donor Darah Sedunia mengambil tema atau slogan kampanye ‘Give blood, give plasma, share life, share often’ (Berikan darah, berikan plasma, bagikan kehidupan, sering bagikan).

“Semoga donor darah yang kita laksanakan nantinya dapat membantu sesama yang memerlukannya,” kata Chandra.

Salah satu peserta donor darah Fabian Panji Ayodya mengatakan alasanya mengikuti kegiatan donor darah. “Tidak hanya untuk orang lain, bagi pendonor juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Harapannya Pertamina rutin melakukan donor darah, untuk mendukung gerakan PMI dan pasti berguna untuk menyelamatkan nyawa seseorang, dapat dikatakan pendonor adalah seorang pahlawan,” tutup Panji. (*/ Ries).

182

Leave a Reply

Your email address will not be published.