Metro Kaltim

KPU Balikpapan Fokus Jaring Suara Pemilih Pemula, Sosialisasi ke Sekolah Akan Gencar Dilakukan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pemilih pemula menjadi fokus pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan untuk diberikan sosialisasi, agar dapat ikut berpartisipasi dalam pemilihan. Kepala daerah (pilkada).

Oleh sebab itu, sejak Desember 2019 hingga Januari 2020 mendatang KPU Kota Balikpapan gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah khususnya SMA maupun SMK sederajat.

“Saat ini KPU sedang konsentrasi untuk sosialisasi ke pemilih pemula, kami lakukan di bulan Desember hingga Januari mendatang,” terang Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha.

Sejumlah jadwal untuk menyambangi sekolah-sekolah telah disusun oleh pihak KPU. Mereka berupaya untuk menyasar para pelajar yang telah berusia 17 tahun dan belum pernah ikut pemilihan umum (pemilu).

“Maka KPU sudah men-schedule-kan, seluruh SMA, SMK, yang ada di Balikpapan, kami sudah atur, sudah jadwalkan kami akan datangi satu-satu untuk kami sampaikan beberapa hal terkait Pemilu. Apa yang disampaikan kepada pemilih pemula ini, jadi pemilih pemula itu memilih yang tidak pernah nyoblos, terutama yang baru berumur 17 tahun itu,” ungkapnya.

Tujuan dari sosialisasi ini sendiri untuk membangun kesadaran para pemilih pemula agar menggunakan haknya sebagai warga Kota Balikpapan, dan berpatisipasi pada pemilihan wali kota dan wakil wali kota tahun 2020 mendatang.

“Tentu saja yang disampaikan adalah bagaiman membangun kesadaran politik anak-anak yang baru berusia 17 tahun ini, agar menggunakan hak pilihnya,” kata Thoha.

Taknhanya itu, tata cara menggunakan hak pilih juga akan disampaikan dalam sosialisasi tersebut. “Itu nanti yang akan kami sampaikan di sekolah-sekolah,” pungkasnya.

Ditanya terkait jika adanya warga yang telah memenuhi syarat namun tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT), pihak KPU menjawab masih tetap bisa menggunakan hak pilihnya, jika memiliki KTP dan berdomisilih atau terdaftar sebagai warga Kota Balikpapan.

“Sepanjang dia punya KTP dan berdomisili di daerah pemilihan yaitu Kota Balikpapan masih bisa menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *