KPU Balikpapan Siapkan 75 Orang Pelipat Surat Suara, Jalani Rapid Test Sebelum Bertugas

Balikpapan, Metrokaltim.com – Sejumlah persiapan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, karena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan kian dekat. Termasuk diantaranya mempersiapkan petugas untuk pelipatan surat suara nanti.

Kurang lebih ada 75 orang petugas akan melipat surat suara yang bakal digunakan dalam pemilu 9 Desember ini. Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Feriani Ferry mengatakan, ini adalah bagian dari penyiapan logistik.

“Setelah logistik datang akan dilakukan sortir dan pelipatan surat suara. Juga penghitungan sesuai dengan kebutuhannya,” jelasnya.

Proses sortir yang membutuhkan tenaga bantuan ini, dalam perekrutannya tentu saja harus tetap memprioritaskan penerapan protokol kesehatan. “Karena kaitannya ini dengan pencegahan persebaran covid-19,” ungkap Mega.

Sehingga selama dua hari ini (19 dan 20 November) dilakukan rapid test petugas tersebut. Sebelum ini mereka yang terdata sebagai petugas harus menyerahkan fotokopi KTP dahulu. “Mereka harus dipastikan bebas dari covid 19,” kata Kamis (19/11).

Nah, 75 orang petugas ini direncanakan akan melakukan sortir dan pelipatan sekitar 454 ribu surat suara. “Karena tidak mungkin kan kalau cuma dikerjakan satu dua orang,” sebutnya.

Lokasi sortir dan pelipatan dipastikan terpusat di KPU. Hanya saja akan diatur tempat dan lainnya untuk menghindari terjadinya kerumunan.

“Jika dinyatakan non reaktif, ya pasti dipakai tenaga mereka untuk membantu kami,” tandasnya.

(ftm/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *